Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel SBdP

Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel SBdP - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 2 yakni persatuan dalam perbedaan untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran SBK.

rangkuman sbdp kelas 6 tema 2

Rangkuman tema 2 kelas 6 mapel SBdP ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 2 bagi kelas VI SD mata pelajaran SBdP (Seni Budaya dan Prakarya) ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman SBdP Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan

Pola lantai adalah bentuk atau formasi tertentu yang dibuat penari dalam sebuah tarian. Pola lantai dibedakan menjadi dua, yaitu dasar pola lantai garis lurus dan garis lengkung.

Pola lantai garis lurus mengandung kesan yang sederhana dan kuat, sedangkan pola lantai garis lengkung mengandung kesan lembut dan lemah.

Pola lantai lurus dibedakan menjadi tiga yaitu pola lantai horizontal, vertikal, dan diagonal. Pengembangan pola lantai lurus dapat berupa pola lantai zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima. Adapaun pola lantai lengkung meliputi pola lantai lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang.

Pola lantai memiliki beberapa fungsi di antaranya yaitu menata gerakan tarian, membentuk kekompakkan dan keserasian antarpenari, membentuk komposisi saat pertunjukkan tari, sehingga sajian tari menjadi indah dan menarik.

Ada beberapa macam pola lantai pada tarian yang dapat disimak uraiannya berikut ini:

  1. Pola lantai vertikal (lurus), yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan pada tarian klasik. Pola lantai ini memiliki kesan sederhana tapi kuat. Contoh tarian yang menggunakan pola lantai ini adalah tari Pasambahan.
  2. Pola lantai horizontal, penari berbaris membentuk garis lurus ke samping. Pola lantai horizontal terdapat pada tari Saman dan tari Indang.
  3. Pola lantai diagonal, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri. Pola lantai ini terdapat pada tari Sinanggar Tulo dan tari Remo. 
  4. Pola lantai garis melengkung, digunakan pada tari rakyat dan tari tradisi, yang memberi kesan lemah dan lembut. Pola lantai ini terdapat pada tari Piring dan tari Legong.

Tari adalah gerak tubuh berirama yang senada dengan alunan musik. Aspek-aspek pendukung tari, antara lain gerakan, busana, dan perlengkapan tari.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel SBdP. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 2 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 2 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News