Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel IPA

Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel IPA - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 2 yakni persatuan dalam perbedaan untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran IPA.

rangkuman ipa kelas 6 tema 2

Rangkuman tema 2 kelas 6 mapel IPA ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 2 bagi kelas VI SD mata pelajaran IPA ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman IPA Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan

Adaptasi tumbuhan terhadap habitatnya merupakan cara tumbuhan untuk mempertahankan hidupnya dengan baik di lingkungan tersebut.

Contoh tumbuhan yang melakukan adaptasi sebagai berikut:

1. Kantung semar, merupakan salah satu tumbuhan yang dapat memakan serangga (insektivora). Untuk menarik mangsanya kantung semar mengeluarkan aroma yang menyengat. Di dalam kantung semar tedapat cairan yang dapat mencerna serangga yang tertangkap

2. Putri malu, Daun akan mengatup jika disentuh atau dikenai.

3. Lumut, beradaptasi dengan cara menyesuaikan jumlah stomata dan jumlah daunnya menjadi lebih banyak, lebar, dan tipis hal ini sebagai sarana untuk meningkatkan laju penguapan tanaman lumut

4. Kaktus, beradaptasi dilingkungan kering dengan daun yang kecil-kecil mirip seperti duri yang berfungsi untuk mengurangi penguapan air.

5. Pohon jati, beradaptasi dengan menggugurkan daunnya saat musim kemarau tiba.

6. Bakau, memiliki akar napas.

7. Eceng gondok, dapat hidup mengapung di atas air

8. Teratai, dapat hidup di air.

Tujuan tumbuhan melakukan adaptasi adalah untuk melindungi diri atau membela diri dari hewan pemangsa.

Burung hantu memiliki ciri khusus yaitu dapat melihat di malam hari maka dari itu hewan ini disebut juga dengan hewan nokturnal.

Kelelawar memiliki ciri khusus yaitu dapat memancarkan bunyi berfrekuensi tinggi melalui mulutnya.

Ikan paus merupakan hewan mamalia air. Ikan paus bernafas dengan paru-paru kurang lebih tiap tiga puluh menit muncul ke permukaan air untuk menghirup oksigen

Bebek memiliki ciri khusus pada kakinya yang terdapat selaput yang berfungsi untuk membantu bergerak di air, selain itu paruh bebek berbentuk pipih dan lebar dan di paruh bebek tersebut terdapat lempeng saringan yang berguna untuk menyaring makanan dari air dan lumpur.

Hibernasi merupakan mekanisme pertahanan diri yang unik, karena hewan yang memiliki kemampuan ini akan tidur untuk waktu yang lama guna menghindari keadaan-keadaan sulit misalnya musim dingin.

Taman nasional berfungsi untuk perlindungan makhluk hidup dan ekosistemnya.

Cagar alam berfungsi untuk menjaga kondisi alam suatu wilayah agar tetap dalam keadaan alami.

Suaka margasatwa berfungsi untuk melindungi hewan-hewan yang hampir punah, sehingga hewan dapat hidup dan berkembang biak tanpa ada yang mengganggu.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel IPA. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 2 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 2 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News