Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel IPS

Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel IPS - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 2 yakni persatuan dalam perbedaan untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran IPS.

rangkuman ips kelas 6 tema 2

Rangkuman tema 2 kelas 6 mapel IPS ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 2 bagi kelas VI SD mata pelajaran IPS ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman IPS Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan

Proklamasi berasal dari bahasa Latin, yaitu proclamare, yang berarti pengumuman atau pemberitahuan ke publik. Proklamasi adalah semangat dengan rela berjuang, berjuang dengan hakiki, tulus dan penuh idealisme dengan mengesampingkan segala kepentingan diri sendiri.

Pada tanggal 23 Agustus sampai 2 November 1949 diadakan Konferensi Meja Bundar (KMB) di Den Haag, Belanda. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Drs. Moh. Hatta, delegasi BFO (Bijeenkomst voor Federal Overleg) atau Badan Musyawarah Negara-Negara Federal dipimpin oleh Sultan Hamid II.

Hasil-hasil persetujuan yang dicapai dalam KMB sebagai berikut:

1. Indonesia menjadi Republik Indonesia Serikat (RIS) dan Belanda akan menyerahkan kedaulatan kepada RIS pada akhir bulan Desember 1949.

2. RIS dan Belanda akan tergabung dalam Uni Indonesia-Belanda.

3. Irian Barat akan diserahkan setahun setelah pengakuan kedaulatan oleh Belanda.

Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu mendarat pertama kali di Surabaya yang dimpimpin oleh Brigjen A. W. S. Mallaby. Tentara Sekutu tersebut bertugas untuk melucuti senjata senjata tentara Jepang dan membebaskan interniran (tawanan perang).

Pada tanggal 27 Oktober 1945, sekutu menyerbu Penjara Kalisosok. Mereka berhasil membebaskan Kolonel Huiyer. Kolonel Huiyer adalah seorang perwira angkatan laut Belanda yang ditawan Jepang.

Pada tanggal 10 November ditetapkan oleh pemerintah sebagai Hari Pahlawan, karena pada saat itu terjadinya perang di Surabaya antara rakyat Surabaya dengan sekutu.

Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat kacau, hal tersebut karena Indonesia mengalami inflasi. Sumber inflasi adalah beredarnya mata uang Jepang secara tak terkendali, sehingga ekonomi kita bertambah sulit.

Awal kemerdekaan Indonesia mengeluarkan penetapan berlakunya beberapa mata uang sebagai tanda pembayaran yang sah di wilayah Republik Indonesia. Mata uang tersebut ada tiga yaitu mata uang De Javasche Bank, mata uang pemerintah Hindia Belanda dan mata uang pemerintah pendudukan Jepang.

Untuk mengatasi permasalahan ekonomi ini, Pemerintah Indonesia melakukan berbagai kebijakan. Pemerintah kemudian berusaha memperbaiki keadaan ekonomi rakyat melalui beberapa upaya berikut ini.

1. Melaksanakan pinjaman Nasional pada masa menteri keuangan Ir. Surachman.

2. Mengeluarkan Oeang Republik Indonesia (ORI) pada bulan Februari 1946.

3. Menyelenggarakan Konferensi Ekonomi pada bulan Februari 1946.

4. Membentuk Badan Perancang Ekonomi pada tanggal 19 Januari 1947.

5. Melaksanakan program Kasimo Plan. Inti dari Kasimo Plan adalah untuk meningkatkan kehidupan rakyat dengan menigkatkan produksi bahan pangan.

6. Mendorong pengusaha swasta untuk ikut serta dalam perkembangan ekonomi nasional melalui Persatuan Tenaga Ekonomi (PTE).

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel IPS. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 2 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 2 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News