Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel PPKn

Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel PPKn - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 2 yakni persatuan dalam perbedaan untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran PKn.

rangkuman ppkn kelas 6 tema 2

Rangkuman tema 2 kelas 6 mapel PPKn ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 2 bagi kelas VI SD mata pelajaran PPKn ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman PPKn Kelas 6 SD Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan

Indonesia dikenal sebagai negara yang masyarakatnya majemuk. Hal ini tercermin dari beranekaragamnya suku bangsa di Indonesia. Suku-suku bangsa tersebut di antaranya suku Jawa, Sunda, Madura, Aceh, Minang, Batak, Betawi, Dayak, Banjar, Bugis, Minahasa, Asmat, Dani, Manggara, Ende, dan Bali.

Dalam rangka memperkuat keragaman suku bangsa yang ada, maka Indonesia mengeluarkan semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang memiliki arti meskipun berbeda-beda, tetapi tetap satu juga. Keberadaan semboyan ini diharapkan dapat mempersatukan semua suku bangsa yang ada di Indonesia.

Indonesia termasuk negara yang majemuk, artinya negara yang memiliki beragam suku, stnik, budaya, dan adat istiadat yang terdapat di masyarakat.

Ada beberapa makna penting yang harus dipahami tentang persatuan dan kesatuan. Pemahaman ini akan menjaga rasa persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari-hari meskipun kita hidup di tengah-tengah keberagaman. Berikut makna penting persatuan dan kesatuan tersebut:

1. Menjalin rasa kekeluargaan, persahabatan, dan sikap saling tolong-menolong antarsesama dan bersikap nasionalisme

2. Menjalin rasa kemanusiaan dengan mengembangkan sikap saling toleransi serta keharmonisan untuk hidup secara berdampingan

3. Rasa persatuan dan kesatuan menjadi modal untuk menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi satu sama lain

Ada beberapa sikap yang harus dikembangkan untuk menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Berikut beberapa sikap tersebut:

1. Saling menghormati dan menghargai antarumat beragama. Sikap kita jangan sampai menyinggung perasaan umat agama lain

2. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dalam berkomunikasi, terutama saat berkomunikasi dengan orang yang berbeda suku bangsa

3. Memilih teman yang baik tanpa membedakan latar belakang suku, agama, dan golongan

4. Menjalin silaturahmi dengan kerabat, tetangga, dan orang-orang terdekat

5. Mempelajari adat-istiadat dan kebudayaan suku bangsa lain. Dengan demikian, kita bisa bersikap arif dan bijaksana

6. Bangga terhadap suku bangsa sendiri tanpa merendahkan suku bangsa lain. Tidak membeda-bedakan suku sehingga perbedaan tersebut dijadikan sebagai alasan untuk tidak bersatu

7. Menjunjung tinggi adat istiadat sendiri tanpa memandang rendah adat istiadat orang lain

Bunyi sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia. Sila ketiga dilambangkan dengan pohon beringin. Lambang pohon beringin memiliki makna yaitu besar, kuat, dan teduh sehingga dapat menaungi banyak orang.

Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam sila ketiga Pancasila adalah menghormati perbedaan, kebersamaan, persatuan bangsa, kepentingan pribadi dan golongan, rasa nasionalisme, dan patriotisme

Persatuan dan kesatuan sangat bermanfaat terhadap kemajuan bangsa. Berikut beberapa manfaat persatuan dan kesatuan bangsa.

1. Dapat mengatasi semua perbedaan yang timbul dalam masyarakat

2. Pembangunan nasional akan berjalan lancar

3. Mudah mencapai tujuan nasional

4. Terciptanya suasana negara yang aman, tentram dan damai

5. Tidak ada perpecahan bangsa

6. Menjaga kerukunan dan menjalin silaturahmi

7. Memperkuat ketahanan nasional dalam menghadapi segala ancaman dan gangguan dari dalam maupun dari luar

8. Memperkuat jati diri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

9. Tidak menimbulkan konflik dalam kehidupan masyarakat

10. Terwujudnya kehidupan yang seimbang, selaras, dan serasi antarsesama

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Kelas 6 SD Mapel PPKn. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 2 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 2 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News