Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliah Sambil Kerja di Jerman Melalui Program Ausbildung

Bukan hanya di Indonesia yang mengadakan program perkuliahan kelas karyawan atau non reguler untuk mahasiswanya. Kamu bisa kuliah sambil kerja di Jerman gratis melalui program Ausbildung.

ausbilding di jerman

Program ini memberi kesempatan yang terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin kuliah dengan tetap bekerja untuk berbagai alasan.

Baca Juga : Menarik! Ini 3 Cara Belajar Bahasa Jerman yang Mudah

Baik karena alasan ekonomi, ingin mencari pengalaman kerja, meningkatkan kemampuan, dan lain sebagainya. Program yang sangat menarik ini menawarkan berbagai bidang pekerjaan. Apa keuntungan mengikuti program Ausbildung?

Pengertian Ausbildung dan Keuntungannya

Pada dasarnya, program Ausbildung merupakan program pelatihan yang setara dengan S1 Duales Studium di Jerman dan D3 di Indonesia. Kegiatan perkuliahan di Ausbildung lebih menekankan pada praktek di lapangan secara langsung dengan mengkombinasikannya dengan teori-teori yang berkaitan dengan bidang yang dipelajari. 

Bahkan sudah banyak perusahaan yang berkolaborasi dengan sekolah profesional Berufschule yang menawarkan program Ausbildung ini.

Program Ausbildung yang berlangsung selama 3 tahun ini banyak dilirik karena selain mendapatkan ilmu teori di sekolah, para pesertanya juga bisa mendapatkan gaji secara langsung dari perusahaan yang bekerja sama dengan sekolah profesional tersebut. 

Setelah selesai belajar dan praktek melalui sekolah profesional Ausbildung, setiap peserta akan mendapatkan sertifikat kerja Ausbildung yang nantinya bisa digunakan sebagai modal untuk melamar kerja dan berkarir di tempat lain. 

Kamu mungkin akan melirik program Ausbildung ini setelah mengetahui manfaat dan keuntungannya kuliah sambil kerja di Jerman sebagai berikut:

1. Mendapatkan gaji selama kuliah

Kapan lagi bisa belajar mendapatkan ilmu secara gratis ditambah mendapatkan gaji selama mengambil program pelatihan tersebut.

Program Ausbildung bisa dikatakan sebagai program pelatihan profesional dengan patokan gaji berkisar EURO 700 – 1000 per bulannya. Nilai gaji tersebut akan terus naik setiap tahunnya tergantung dari kemampuan dan kinerja peserta program pelatihan. 

2. Mendapatkan asrama tempat tinggal

Setiap peserta yang akan mengikuti program pelatihan ini bisa tinggal di asrama secara gratis sehingga tidak perlu memikirkan lagi biaya untuk tinggal di Jerman selama mengikuti program Ausbildung.

Asrama untuk tinggal pun biasanya dilengkapi dengan dapur dan alat masaknya, kamar tidur, dan mesin cuci. Bahkan perusahaan tempat kamu bekerja juga akan memberikan makan secara gratis sebanyak 3 kali sehari. 

3. Membantu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jerman

Bahasa Jerman sangat penting untuk dipelajari dan dikuasai selama kamu mengikuti program pelatihan di sini. 

Jika mengikuti program pelatihan kamu akan berhadapan langsung dengan rekan kerja yang merupakan penduduk asli Jerman sehingga hal ini dapat membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Jerman. 

4. Mendapatkan asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan akan diberikan kepada setiap peserta yang menjalin kontrak dengan perusahaan yang bekerja sama dengan sekolah profesional Ausbildung. Asuransi ini bisa digunakan untuk berkonsultasi dengan dokter ketika sakit. 

5. Tiket penerbangan (Jakarta-Frankfurt)

Selain gratis tempat tinggal, makan, dan asuransi kesehatan, tiket perjalanan dari Jakarta ke Frankfurt juga difasilitasi melalui pemotongan gaji maksimum 40 Euro. Biaya transportasi pulang pergi untuk operasional dari sekolah ke asrama juga bisa direimburse langsung ke perusahaan. 

6. Mendapatkan pengalaman merasakan kehidupan dan lingkungan kerja profesional di Jerman

Negara Jerman merupakan salah satu negara multikultural yang mana di sana akan memberikan kesempatan untuk kamu bertemu dengan orang-orang dari seluruh dunia. Kamu bisa merasakan secara langsung bagaimana kehidupan lingkungan kerja profesional di negara ini sambil belajar langsung tentang budaya dan etos kerja di Jerman. 

7. Mendapatkan hak cuti dan jatah libur

Setiap peserta program pelatihan Ausbildung akan mendapatkan jatah libur selama 2 hari per minggu dan hak cuti sebanyak 24 hari selama setahun apabila telah bekerja selama 1 tahun di sini. Waktu cuti tersebut bisa kamu manfaatkan untuk berlibur dan keliling Eropa.

8. Karir di Jerman 

Kesempatan untuk direkrut oleh perusahaan terkait semakin besar jika kamu memiliki kinerja yang bagus selama program pelatihan. Kontrak bisa diperbarui untuk nantinya kamu menjadi pekerja tetap di perusahaan yang kamu inginkan. 

9. Mendapatkan sertifikat internasional Ausbildung

Jika sudah selesai mengikuti program ini selama 3 tahun, kamu akan mendapatkan sertifikat Ausbildung internasional yang valid dan diakui. Sertifikat ini bisa digunakan untuk modal melamar kerja di perusahaan negara Eropa manapun. 

Kuliah sambil kerja di Jerman bukan hal yang mustahil jika kamu mau mencari informasi dan mempelajari syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi.

Program Ausbildung ini bisa menjadi solusinya dan Kamu dapat mendaftarnya di website Westwork.id.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News