Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PPKn Kelas 6 SD Tema 3 Tokoh dan Penemuan

Rangkuman Tema 3 Tokoh dan Penemuan Kelas 6 SD Mapel PPKn - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 3 yakni tokoh dan penemuan untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran PKn.

rangkuman ppkn kelas 6 tema 3

Rangkuman tema 3 kelas 6 mapel PPKn ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 3 bagi kelas VI SD mata pelajaran PPKn ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman PPKn Kelas 6 SD Tema 3 Tokoh dan Penemuan

Hak berarti sesuatu yang mutlak menjadi milik seseorang dan penggunaannya tergantung kepada orang yang bersangkutan.

Pelaksanaan hak harus dilakukan sesuai peraturan hukum yang berlaku untuk menjamin ketertiban dalam masyarakat.

Contoh hak sebagai warga Negara yaitu:

1. Mendapatkan perlindungan hukum.

2. Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.

3. Memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan.

4. Memiliki hak untuk menyampaikan pendapat dan berorganisasi.

Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan/dilaksanakan oleh masing-masing individu. Contoh bentuk kewajiban kita dalam masyarakat adalah menjaga kebersihan lingkungan, saling menghormati dan menghargai masyarakat di sekitar, serta bergotong royong.

Hak dan kewajiban bersifat kodrati, yakni melekat bersama kelahiran manusia. Tanggung jawab, hak, dan kewajiban merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Tiap orang dituntut untuk bertanggung jawab dalam memenuhi hak dan melaksanakan kewajibannya.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 3 Tokoh dan Penemuan Kelas 6 SD Mapel PPKn. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 3 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 3 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News