Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman IPS Kelas 6 SD Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar

Rangkuman Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 SD Mapel IPS - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 9 yakni Menjelajah Angkasa Luar untuk adik-adik kelas 6 SD semester 2 pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

rangkuman ips kelas 6 tema 9 semester 2

Rangkuman tema 9 kelas 6 mapel IPS ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 2 (genap). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 9 bagi kelas VI SD mata pelajaran IPS ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman IPS Kelas 6 SD Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar

Modernisasi adalah proses perubahan sikap hidup dan tujuan hidup sesuai dengan tuntutan kehidupan sekarang dalam bentuk perubahan sosial yang terarah, berdasarkan pada perencanaan yang melibatkan banyak bidang.

Modemisasi berkaitan erat dengan perkembangan dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Perkembangan ilmu pengetahuan yang cepat membawa perubahan yang cepat pula dalam bidang teknologi. Modernisasi membawa masyarakat pendukungnya untuk melakukan penyesuaian terhadap perubahan. Hal ini dapat dilihat dari minat masyarakat terhadap ilmu pengetahuan yang makin besar.

Dampak positif berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu perubahan tata nilai dan sikap masyarakat yang berubah dari irasional menjadi lebih rasional, berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadikan kehidupan masyarakat jauh lebih mudah, tingkat kehidupan masyarakat yang menjadi lebih baik.

Dampak negatif berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu muncalnya pola hidup konsumtif. munculnya sikap individualistik, munculnya gaya hidup kebarat-baratan, munculnya kesenjangan sosial, meningkatkan angka kriminalitas. Perubahan sosial merupakan perubahan sistem sosial, struktur, dan fungsi masyarakat.

Perubahan budaya adalah perubahan yang terjadi pada unsur budaya manusia, baik berupa artefak, benda ataupun ide/gagasan. Perubahan sosial dan perubahan budaya berbeda, tetapi keduanya memiliki keterkaitan. Perubahan budaya dapat menyebakan perubahan terjadinya perubahan sosial dalam masyarakat. Perubahan budaya yang terjadi banyak dipengaruhi oleh modernisasi yang kemudian dapat menimbulkan gejala perubahan sosial Individualisme bisa disebut sebagai perilaku yang mementingkan diri sendiri dan tidak mau tahu urusan atau kepentingan orang lain.

Sistem transportasi baik itu darat, laut, maupun udara yang menjadi urat nadi pembangunan suatu wilayah selalu berhubungan erat dengan kemajuan teknologi. Perkembangan teknologi transportasi darat di era globalisasi ini tentunya sangat membantu kehidupan sehari-hari manusia. Ada dampak positif dan dampak negartif dari modernisasi teknologi transformasi darat tersebut. Dampak negatif dari modernisasi tersebut adalah menimbulkan kemacetan dan polusi udara, menimbulkan perilaku konsumtif, meningkatnya kecelakaan, dan lain-lain. Dampak positifnya, yaitu membuka peluang usaha, mempersingkat waktu, makin murahnya biaya transportasi umum, dan lain-lain.

Perkembangan teknologi transportasi darat di era globalisasi ini tentunya sangat membantu kehidupan sehari-hari manusia. Ada dampak positif dan dampak negatif dan modernisasi teknologi transformasi darat tersebut. Dampak negatif dari modernisasi tersebut adalah menimbulkan kemacetan dan polusi udara, menimbulkan perilaku konsumtif, meningkatnya kecelakaan, dan lain-lain. Dampak positifnya, yaitu membuka peluang usaha, mempersingkat waktu, makin murahnya biaya transportasi umum, dan lain-lain.

Perkembangan transportasi air dan udara memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif modernisasi terhadap transportasi air, yaitu dapat mengangkut muatan besar, biaya relatif murah, tingkat polusi lebih rendah. Dampak negatif modernisasi terhadap transportasi air, yaitu biaya produksi sarana transportasi lebih mahal, pertimbangan cuaca laut yang dapat berubah setiap saat, banyak wilayah tidak terjangkau karena bukan wilayah perairan Dampak positif modernisasi terhadap transportasi udara, yaitu cepat sampai tujuan, relatif lebih nyaman, dapat menempuh jarak jauh, dan menghemat waktu. Dampak negatif modernisasi terhadap transportasi udara, yaitu harga yang lebih mahal, tergantung cuaca yang bisa berubah-ubah, dan biaya perawatan sarana prasarana.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 SD Mapel IPS. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 9 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas.com yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 9 Kelas 6 SD Semester 2 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News