Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar

Rangkuman Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 SD Mapel Bahasa Indonesia - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 9 yakni Menjelajah Angkasa Luar untuk adik-adik kelas 6 SD semester 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

rangkuman bahasa indonesia kelas 6 tema 9

Rangkuman tema 9 kelas 6 mapel Bahasa Indonesia ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 2 (genap). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 9 bagi kelas VI SD mata pelajaran Bahasa Indonesia ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar

Cerita fiksi adalah karya sastra yang dibuat berdasarkan angan-angan dan bukan berdasarkan kejadian sebenarnya. Cerita fiksi merupakan karya imajinasi dari pengarangnya.

Tokoh adalah orang yang menggambarkan suatu peristiwa dalam sebuah cerita yang diperankan. Tokoh memegang peranan penting dalam sebuah cerita. Para tokoh dalam cerita memiliki peranan masing-masing yang berbeda satu tokoh dengan tokoh lainnya.

Pelaku yang ada di dalam sebuah karya sastra dibagi menjadi 2, yakni tokoh utama dan juga tokoh tambahan. Tokoh utama, merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan baik sebagai pelaku kejadian ataupun yang dikenal kejadian serta memiliki peran yang mendominasi di sepanjang jalinan cerita. Tokoh tambahan, merupakan tokoh yang mempunyai peranan yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan tokoh utama.

Dilihat dari peran yang dilakukannya, dapat dibedakan menjadi tokoh protagonis dan tokoh antagonis. Tokoh protagonis, merupakan tokoh yang memperjuangkan kebenaran dan kejujuran, serta memiliki watak yang baik. Tokoh protagonis seringkali mendapat perlawan dari tokoh antagonis. Tokoh antagonis, merupakan tokoh yang melawan kebenaran dan kejujuran, serta memilki watak yang jelek. Namun, ada yang perlu diingat, tokoh antagonis belum tentu jahat.

Dilihat dan perwatakannya, tokoh cerita dibedakan menjadi tokoh sederhana dan tokoh bulat (kompleks). Tokoh sederhana adalah tokoh yang hanya memiliki satu kualitas pribadi tertentu atau sifat watak yang tertentu saja, biasanya bersifat datar dan monoton. Tokoh bulat adalah tokoh yang menunjukkan berbagai segi baik buruknya, kelebihan dan kelemahannya.

Struktur teks centa fiksi dapat dilihat pada novel atau cerpen. Tetapi, pada umumnya, struktur teks cerita fiksi pada keduanya merupakan sama. Secara keseluruhan, struktur yang membangun teks dalam novel terdiri dari beberapa bagian. Struktur yang membangun cerit fiksi yaitu karakter, alur (plot), seting (latar), tema, dan gaya (style).

Alur/plot merupakan sebuah struktur rangkaian kejadian-kejadian dalam sebuah cerita yang disusun dengan secara kronologis. Atau definisi alur yakni suatu rangkaian cerita sejak awal hingga akhir.

Amanat adalah sebuah pesan moral dalam sebuah cerita atau karya lainnya yang ingin disampaikan oleh penulis atau pengarang kepada para pembacanya.

Dalam karya fiksi banyak sekali jenis dan wujud ajaran moral yang dipesankan. Jenis dan wujud pesan moral yang terdapat dalam karya sastra akan bergantung pada pengarang yang bersangkutan, Pesan moral dari sebuah cerita biasanya mempunyai ciri-ciri, yaitu pesan moral selalu baik, bisa dilihat pada akhir cerita, dan bisa dilihat dari sifat tokoh utama.

Salah satu contoh cerita fiksi adalah cerita rakyat. Cerita rakyat adalah cerita milik masyarakat yang diceritakan dari mulut ke mulut karena belum tertulis seperti sekarang ini. Contoh cerita rakyat di antaran Malin Kundang Terjadinya Kota Banyuwangi, Cindelaras, dan sebagainya. Unsur dalam cerita ini biasa disebut juga dengan unsur intrinsik cerita. Secara umum, unsur-unsur yang membangun sebuah cerita (intrinsik) terdiri dari tokoh, penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan tema.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 9 Menjelajah Angkasa Luar Kelas 6 SD Mapel Bahasa Indonesia. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 9 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 9 Kelas 6 SD Semester 2 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News