Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 SD Mapel SBdP

Rangkuman Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 SD Mapel SBdP - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 1 yakni selamatkan makhluk hidup untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran SBK.

rangkuman sbdp tema 1 kelas 6

Rangkuman tema 1 kelas 6 mapel SBdP ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 1 bagi kelas VI SD mata pelajaran SBdP ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman SBdP Kelas 6 SD Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup

Seni patung merupakan bentuk seni tiga dimensi buatan manusia yang menampilkan nilai estetika/keindahan. Patung digolongkan sebagai seni tiga dimensi karena memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi (volume) serta dapat dinikmati dari segala arah.

Secara umum, fungsi seni patung berdasarkan pembuatannya diuraikan sebagai berikut.

1. Patung religi, untuk sarana beribadah dan bermakna religius.

2. Patung monumen, untuk peringatan peristiwa bersejarah atau jasa seorang pahlawan.

3. Patung arsitektur yaitu patung yang ikut aktif berfungsi dalam kontruksi bangunan.

4. Patung dekorasi, untuk menghias bangunan atau lingkungan taman.

5. Patung seni, untuk dinikmati keindahan bentuknya.

6. Patung kerajinan sebagai mata pencaharian para pengrajin.

Untuk membuat sebuah patung diperlukan teknik khusus. Teknik pembuatan patung ada lima, yaitu membentuk, merakit, memahat, membutsir, dan mencetak. Teknik membentuk adalah membuat patung dengan menyusun atau menempel sedikit demi sedikit bahan yang digunakan. Bahan yang cocok dengan teknik membentuk adalah tanah liat, semen, dan gips.

Untuk teknik merakit hampir sama dengan membentuk, tetapi biasanya terdiri atas bagianbagian yang merupakan beberapa potongan atau barang lepasan.

Teknik memahat, dilakukan dengan mengurangi bagian bahan yang tidak dipakai dengan cara menoreh, melubangi, menggores, mencungkil, dan sebagainya.

Teknik membutsir adalah mengurangi sedikit demi sedikit bagian bahan yang tidak dipakai menggunakan alat sejenis pisau berukuran kecil.

Teknik mencetak diawali dengan membuat model. Model dijadikan alat pembentuk cetakan, kemudian barulah cetakan diisi dengan bahan pembuat patung.

Dalam teknik pewarnaan patung ada dua teknik pewarnaan yaitu teknik pewarnaan akuarel dan teknik pewarnaan plakat. Teknik pewamaan akuarel yaitu teknik pewarnaan dengan saputin tipis/menggunakan banyak air,biasanya cat yang dihasilkan cenderung transparan. Teknik pewamaan plakat yaitu teknik pewarnaan dengan sapuan tebal, biasanya tidak mengandung air/cat yang di pakai lebih kental. Cat yang biasa dipakai untuk mewarnai patung adalah cat poster dan cat akrilik.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 SD Mapel SBdP. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 1 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 1 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News