Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman PPKn Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha

Rangkuman Tema 5 Wirausaha Kelas 6 SD Mapel PPKn - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 5 yakni wirausaha untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran PKn.

rangkuman ppkn kelas 6 tema 5

Rangkuman tema 5 kelas 6 mapel PPKn ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 5 bagi kelas VI SD mata pelajaran PPKn ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman PPKn Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha

Kewirausahaan merupakan bagian dari ekonomi masyarakat. Kewirausahaan berasal dari kata wirausaha. Kata wira berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan, dan usaha besar kegiatan untuk mencapai tujuan.

Seseorang yang berjiwa wirausaha harus mampu membuat kekuatan sendiri menjadi lebih produktif, sehingga dapat memberikan manfaat bagi dirinya dan orang lain. Seorang wirausaha mampu menggunakan kekuatan yang ada untuk memajukan usaha yang dilakukannya.

Seorang wirausaha harus memiliki sikap-sikap, yaitu mempunyai keberanian untuk mengambil risiko, mempunyai daya kreasi, imajinasi, dan kemampuan yang sangat tinggi untuk menyesuaikan diri dengan keadaan, bekerja keras dan tekun dalam menghasilkan produk, serta mencoba cara kerja yang lebih tepat dan efisien.

Kunci kesuksesan dalam berwirausaha, yaitu belajar dari kegagalan, hidup seimbang, berpikir positif dan terbuka, kompetitif dan kerja keras, dan memiliki pergaulan yang luas.

Orang yang melakukan kegiatan wirausaha disebut wirausahawan. Seorang wirausahawan yang memiliki sikap pantang menyerah, percaya diri, dan tekun akan menghasilkan usaha yang sukses. Kesuksesan tersebut dapat menimbulkan keberagaman wirausal Keberagaman wirausaha di lingkungan masyarakat sangat memengaruhi kehidupan masyarakat sekitarnya.

Keberagaman wirausaha memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Manfaat tersebut yaitu, dapat memberikan contoh sikap bekerja keras dan berkembang, membuka kesempatan kerja, mengurangi pengangguran, serta dapat menginspirasi orang lain untuk memulai suatu usaha. Oleh karena itu, kita harus saling menghargai tiap perbedaan di sekitar kita. Sikap saling menghargai dapat menciptakan kerukunan dan kedamaian antarmasyarakat maupun antarwirausahawan.

Sikap yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalah disiplin, kreativitas, berorientasi ke masa depan, jujur, kepemimpinan, percaya diri, berkomitmen tinggi, realistis, kreatif dan inovatif.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 5 Wirausaha Kelas 6 SD Mapel PPKn. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 5 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 5 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News