Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman IPA Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha

Rangkuman Tema 5 Wirausaha Kelas 6 SD Mapel IPA - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 5 yakni wirausaha untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

rangkuman ipa kelas 6 tema 5

Rangkuman tema 5 kelas 6 mapel IPA ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 5 bagi kelas VI SD mata pelajaran IPA ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman IPA Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha

Magnet merupakan logam yang dapat menarik benda lain yang memiliki unsur besi. Bentuk-bentuk magnet buatan, antara lain magnet berbentuk batang, jarum, U, silinder, dan tapal kuda

Sifat kemagnetan tersebut dapat hilang. Ada beberapa hal yang dapat menghilangkan kekuatan magnet, antara lain magnet yang sering jatuh, magnet yang dipukul-pukul, magnet yang dipanaskan/dibakar. 

Magnet juga memiliki sifat yang tidak dimiliki benda lain. Sifat-sifat tersebut, antara lain gaya magnet dapat menembus benda-benda tertentu, magnet mempunyai dua kutub, kekuatan terbesar magnet pada kutub-kutubnya, kutub senama magnet tolak-menolak dan kutub tidak senama tarik-menarik, serta magnet selalu mengarah ke utara dan selatan.

Benda magnetik adalah benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet. Benda-benda magnetik berdasarkan sifatnya dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik. Feromagnetik, yaitu benda-benda yang ditarik kuat oleh magnet. Paramagnetik yaitu benda-benda yang ditarik lemah oleh magnet. Diamagnetik, yaitu benda-benda yang tidak ditarik sama sekali oleh magnet.

Benda nonmagnetik adalah benda yang sebagian besar mengandung bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Contoh: kayu, kaca, plastik, dan lain-lain.

Dalam kehidupan sehari-hari gaya magnet digunakan untuk berbagai keperluan, seperti penunjuk arah, mengambil benda-benda dari logam, membantu dalam perubahan energi, merapatkan dua benda, menghasilkan listrik, dan menggantikan roda pada kereta api maglev.

Magnet dapat menghasilkan suatu gaya. Gaya yang ditimbulkan oleh daya tarik magnet disebut gaya magnet. Adapun daerah di sekitar magnet yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik magnet disebut medan magnet. Medan magnet tidak dapat dilihat, namun dapat dijelaskan dengan mengamati pengaruh magnet pada benda lain, misalnya pada serbuk besi.

Magnet dapat dibuat dengan tiga cara, yaitu gosokan, induksi, dan elektromagnetik. Pembuatan magnet dengan cara menggosokkan dilakukan dengan menggosokkan magnet secara searah pada benda yang akan dibuat magnet. Pembuatan magnet dengan cara ini dilakukan dengan menempelkan benda yang akan dibuat magnet pada batang magnet. Pembuatan magnet secara elektromagnetik dilakukan dengan mengaliri arus listrik.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 5 Wirausaha Kelas 6 SD Mapel IPA. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 5 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 5 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News