Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman IPS Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha

Rangkuman Tema 5 Wirausaha Kelas 6 SD Mapel IPS - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 5 yakni wirausaha untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

rangkuman ips kelas 6 tema 5

Rangkuman tema 5 kelas 6 mapel IPS ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 5 bagi kelas VI SD mata pelajaran IPS ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman IPS Kelas 6 SD Tema 5 Wirausaha

Indonesia pada dasarnya adalah negara yang strategis dan besar, hal ini menjadikan Indonesia sebagai pasar yang menjanjikan. Indonesia juga memiliki keberagaman sumber daya alam serta kebudayaan. Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau juga biasa kita kenal dengan sebutan ASEAN Economic Community (AEC) tercipta dari perjanjian pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang kita kenal sebagai ASEAN Vision 2020.

Keikutsertaan Indonesia dalam MEA tergolong sebagai hubungan multilateral, dimana hasil dari kerja sama tersebut memberikan manfaat yang sangat banyak pada Indonesia, diantaranya adalah menambah laba bagi negara. Adanya MEA, maka proses ekspor impor ke negara anggota MEA tidak lagi dikenakan biaya. Kerja sama ini juga dapat menstabilkan perekonomian negara, karena MEA sendiri mencegah adanya kesenjangan sosial di negara anggotanya. Selain itu, akan menambah investasi asing yang besar yang dapat memperkuat modal dalam negeri. 

Langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Indonesia berdasarkan rencana strategis pemerintah untuk menghadapi MEA.

1. Penguatan daya saing ekonomi.

2. Gerakan ACI (Aku Cinta Indonesia).

3. Penguatan sektor UMKM.

4. Perbaikan infrastruktur.

5. Peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Penyelenggaraan SEA GAMES ke-26 berdampak positif dan negatif bagi Indonesia khususnya Palembang dan Jakarta. Dampak positif, antara lain.

1. banyaknya wisatawan dari luar negeri datang ke Indonesia untuk mendukung atlet dari negara masing-masing, sehingga meningkatkan pendapatan/devisa negara,

2. bertambahnya peluang kerja untuk pembangunan dan pelayanan fasilitas.

3. kesempatan menunjukan/mengenalkan budaya maupun kesenian khas daerah.

Dampak negtaif yang ditimbulkan antara lain:

1. banyak menggunakan ruang terbuka hijau untuk pembangunan fasilitas olahraga yang standar, sehingga merusak lingkungan yang alami,

2. dialih fungsikannya RTH (Ruang Terbuka Hijau) menjadi kawasan bisnis.

Ekspor adalah menjual barang kepada pembeli di luar negeri atau ke negara lain. Komoditas ekspor Indonesia sangat beragam. Berbagai komoditas tersebut dikelompokkan menjadi dua, yaitu migas dan nonmigas. Ekspor migas meliputi minyak mentah, hasil minyak olahan, dan gas alam. Sedangkan nonmigas meliputi hasil pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, industri, dan jasa. 

Impor adalah kegiatan menerima barang dari luar negeri. Perusahaan yang boleh melakukan impor adalah perusahaan yang menjalankan kegiatan produksi, perusahaan di bidang ekspor besar, dan perusahaan perdagangan eceran yang berskala besar.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 5 Wirausaha Kelas 6 SD Mapel IPS. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 5 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 5 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News