Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 SD Mapel IPA

Rangkuman Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 SD Mapel IPA - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 1 yakni selamatkan makhluk hidup untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran IPA.

rangkuman ipa kelas 6 tema 1

Rangkuman tema 1 kelas 6 mapel IPA ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 1 bagi kelas VI SD mata pelajaran IPA ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman IPA Kelas 6 SD Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup

Alat perkembangbiakan secara kawin (generatif) pada tumbuhan adalah bunga.Bunga yang sempurna mempunyai bagian-bagian yang terdiri dari tangkai bunga, kelopak, mahkota, benang sari, dan putik.

Mahkota dan kelopak bunga termasuk bagian perhiasan bunga. Sedangkan putik dan benang sari merupakan bagian alat kelamin atau perkembangbiakan bunga. Perkembangbiakan secara kawin pada tumbuhan dimulai dengan penyerbukan. Penyerbukan adalah bertemunya serbuk sari dan kepala putik.

Berdasarkan asal serbuk sarinya, penyerbukan dibedakan menjadi empat macam, yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar.

Perkembangbiakan tumbuhan secara tak kawin (vegetatif). Perkembangbiakan vegetatif adalah perkembangbiakan makhluk hidup tanpa disertai pertemuan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina (tidak melalui perkawinan).


Perkembangbiakan secara vegetatif dapat terjadi melalui dua cara. Apabila perkembangbiakan vegetatif tersebut terjadi tanpa campur tangan manusia, disebut vegetatif alami. Adapun perkembangbiakan vegetatif yang terjadi dengan campur tangan manusia, disebut vegetatif buatan.

Perkembangbiakan secara vegetatif alami meliputi membelah diri, spora, akar tinggal(rizoma), umbi lapis, umbi batang, umbi akar, geragih, tunas, tunas adventif. Perkembangbiakan secara vegetatif buatan, antara lain dapat dilakukan melalui setek, cangkok, sambung (enten), tempel (okulasi), runduk, dan kultur jaringan.

Perkembangbiakan hewan secara kawin pada hewan dibedakan menjadi tiga, yaitu melahirkan (Vivipar), bertelur (Ovovipar), dan ada yang bertelur dan melahirkan (Ovovivipar). Pada hewan yang melahirkan anak, sel telur dibuahi oleh sperma di dalam tubuh induknya. Contoh hewab yang berkembang biak dengan cara melahirkan ialah anjing, kucing, sapi, kerbau, tikus, lumba-lumba, ikan paus, dan anjing laut.

Pada hewan bertelur, pertumbuhan dan perkembangan embrio terjadi di luar tubuh induknya. Embrio itu dibungkus dan dilindungi oleh cangkang. Hewan yang berkembang biak secara bertelur disebut ovipar. Jenis hewan yang berkembang biak dengan dengan bertelur contohnya adalah bangsa burung, ikan, serangga, dan amfibi.

Selain hewan ovipar dan vivipar, ada juga hewan yang dapat bertelur-melahirkan. Hewan demikian disebut dengan ovovivipar. Pada hewan tersebut, setelah terjadi pembuahan, telur terus berkembang di dalam tubuh induk. Jenis hewan yang berkembang biak dengan cara tersebut adalah bangsa reptil, yaitu beberapa jenis ular, buaya, dan kadal.

Pelestarian hewan merupakan usaha untuk melindungi hewan dan tumbuhan agar tidak punah. Pelestarian hewan dilakukan agar manusia dapat memenuhi kebutuhannya. Kelestarian hewan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup generasi manusia pada saat ini dan yang akan datang. Contoh hewan langka yang hamper punah, yaitu orang utan, cendrawasih, komodo, dan lain-lain.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 SD Mapel IPA. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 1 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 1 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News