Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 SD Mapel IPS

Rangkuman Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 SD Mapel IPS - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 1 yakni selamatkan makhluk hidup untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran IPS.

rangkuman ips kelas 6 tema 1

Rangkuman tema 1 kelas 6 mapel IPS ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 1 bagi kelas VI SD mata pelajaran IPS ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman IPS Kelas 6 SD Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup

ASEAN (Association of South East Asia Nation) atau disebut juga dengan PERBARA (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) terbentuk melalui beberapa pertemuan. Pada tanggal 5-8 Agustus 1967, lima negara dan negara-negara Asia Tenggara mengadakan pertemuan (konferensi) di Bangkok. Selanjutnya, pada tanggal 8 Agustus 1967 dilakukan penandatanganan Deklarasi Bangkok sebagai pertanda berdirinya ASEAN. Anggota negara-negara ASEAN adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Brunai Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar.

Indonesia terletak di kawasan Asia Tenggara, maka dan itu negara-negara yang terletak di kawasan tersebut merupakan negara tetangga Indonesia. Secara astronomis, kawasan Asia Tenggara terletak di antara 23°LU - 11°LS dan 92°BT-141°BT. Secara geografis, kawasan ini terletak di antara 3 benua dan 2 samudra, yaitu Benua Asia, Benua Australia, dan Benua Amerika, serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia adalah negara berkembang yang mata pencaharian penduduknya mayoritas dalam di bidang pertanian.

Singapura merupakan negara terkecil di Asia Tenggara. Singapura merupakan negara dengan 54 pulau kecil yang menumpuk. Luas wilayah Singapura adalah 660 km². Secara astronomis, Singapura terletak pada 1°LU-13°LU dan 103°BT-104PBT. Secara geografis, Singapura berada tepat di ujung selatan Semenanjung Malaka. Singapura merupakan negara yang penduduknya berpenghasilan tinggi.

Secara astronomis, Malaysia terletak pada 1°LU-7°LU dan 100 BT-110°BT. Luas wilayah Malaysia mencapai 329.758 km², yang terbagi menjadi 2 wilayah, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat terletak di Semenanjung Malaka, sedangkan Malaysia Timur terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Malaysia termasuk negara yang beriklim tropis, Keadaan alamnya tidak jauh berbeda dengan Indonesia yakni terdiri dari gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, sungai, pantai tanjung, selat, dan laut. 

Luas wilayah Thailand sekitar 513.115 km² Secara astronomis, negara tersebut terletak pada 6°LU-21°LU dan 97°BT-107 BT. Ketampakan alam di wilayah utara Thailand berupa tanah berliku, dataran tinggi, hutan, pegunungan, dan bukit-bukit Mata pencaharian penduduk Thailand sebagian besar adalah bertani (agraris).

Luas wilayah Filipina adalah 300.076 km² yang meliputi 7.107 pulau. Pulau terbesar adalah Luzon dan Mindanao. Secara astronomis, Filipina terletak pada 4°LU-21°LU dan 115°BT-128°BT. Secara geografis, Filipina berada di sebelah utara lepas pantai Pulau Sulawesi, yaitu di bagian barat Samudra Pasifik. Filipina merupakan negara kepulauan.

Brunei Darussalam terletak di bagian utara Pulau Kalimantan. Luas wilayah Brunel adalah 5.765 km². Secara astronomis. Brunei Darussalam terletak pada 4°LU-5°LU dan 114°BT-115°BT. Secara geografis, Brunei Darussalam terletak di pantai barat laut Pulau Kalimantan. Brunei Darussalam adalah negara pengekspor minyak dan gas bumi.

Vietnam adalah negara yang terletak di Semenanjung Indocina ini memiliki luas wilayah 331.041 km². Secara astronomis, Vietnam terletak pada 8°LU-23°LU dan 102°BT-109°BT. Vietnam merupakan negara yang terletak paling timur di Asia Tenggara. Mata pencaharian penduduk Vietnam sebagian besar adalah dalam bidang pertanian.

Luas wilayah Laos mencapai 236.800 km². Secara astronomis, Laos terletak pada 14°LU-22°LU dan 100°BT-107°BT. Delapan puluh persen wilayah Laos berupa daratan dan dua puluh persen berupa perairan. Wilayah daratan berupa gunung yang diselimuti hutan lebat. Mata pencaharian utama penduduk Laos adalah pertanian.

Luas Kamboja adalah 181.035 km². Secara astronomis, Kamboja terletak pada 10°LU-15°LU dan 102°BT-108°BT. Secara geografis, wilayah Kamboja memiliki batas-batas wilayah sebelah utara berbatasan dengan Thailand dan Laos, sebelah timur berbatasan dengan Vietnam, sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Siam, sebelah barat rbatasan dengan Thailand. Mata pencaharian utama penduduk Kamboja adalah dalam bidang pertanian.

Secara astronomis, Myanmar terletak pada 10 LU-26°LU dan 94°BT-101°BT. Luas wilayah Myanmar adalah 676.577 km². Batas-batas negara Myanmar, yaitu sebelah utara berbatasan dengan Tiongkok, sebelah timur berbatasan dengan Thailand dan Laos, sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Benggala, sebelah barat berbatasan dengan Bangladesh. Hasil utama pertanian di Myanmar adalah padi.

Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai macam upaya guna menanggulangi kasus tersebut.Upaya-upaya tersebut meliputi pembuatan undang-undang untuk mengatur tindak kejahatan tentang hewan dan tumbuhan liar yang terjadi, menjadi anggota Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES), ataupun menjadi anggota The ASEAN Wildlife Enforcement Network (ASEAN-WEN).

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Kelas 6 SD Mapel IPS. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 1 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 1 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News