Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman IPA Kelas 6 SD Tema 7 Kepemimpinan

Rangkuman Tema 7 Kepemimpinan Kelas 6 SD Mapel IPA - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 7 yakni kepemimpinan untuk adik-adik kelas 6 SD semester 2 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

rangkuman ipa kelas 6 tema 7

Rangkuman tema 7 kelas 6 mapel IPA ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 2 (genap). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 7 bagi kelas VI SD mata pelajaran IPA ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman IPA Kelas 6 SD Tema 7 Kepemimpinan

Masa pubertas atau masa akil balig merupakan awal kedewasaan seseorang secara biologis, yaitu masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Masa pubertas juga dikenal sebagai masa akil balig. Masa pubertas pada anak perempuan terjadi pada usia 11 tahun, sedangkan pada anak laki-laki terjadi pada usia 13 tahun. Masa pubertas akan ditandai dengan terjadinya perubahan fisik dan emosi.

Ciri-ciri umum perubahan fisik pada masa pubertas yang dialami oleh laki-laki dan perempuan sebagai berikut.

1. Tubuh makin besar dan tinggi.

2. Tumbuh rambut di bagian ketiak, dialami oleh anak laki-laki dan perempuan.

3. Tubuh lebih banyak menghasilkan keringat.

4. Mulai timbul jerawat di wajah, di kulit bagian dada, dan punggung.

5. Bagian tubuh banyak menumpuk lemak, terutama di bagian perut, dada, paha, pinggul pipi, leher, dan rahang.

Saat memasuki masa pubertas, remaja perempuan maupun laki-laki mengalami perubahan fisik. Perubahan yang terjadi meliputi perubahan primer dan sekunder. Perubahan primer terjadi di dalam tubuh, sedangkan sekunder terjadi pada tubuh bagian luar. Perubahan sekunder dapat terlihat dan tampak dari luar sehingga dapat diamati. Perubahan primer dan sekunder diatur oleh hormon kelamin.

Perubahan primer yang terjadi pada perempuan diawali dengan mulai diproduksinya sel telur. Perubahan sekunder pada perempuan ditandai dengan berubahnya bentuk tubuh, yaitu payudara dan pinggul mulai membesar, tumbuh rambut-rambut halus pada daerah tertentu, organ kelamin membesar.

Saat anak laki-laki mengalami pubertas, testisnya mulai memproduksi sel sperma, Jika kantung testisnya penuh, sperma akan dikeluarkan dengan sendirinya melalui mimpi basah. Anak laki-laki mulai mengalami mimpi basah antara umur 10-15 tahun. Anak perempuan yang mengalami pubertas, bagian ovariumnya mulai mengeluarkan sel telur seap 28 hari. Siklus ini disebut menstruasi (haid). Ketika mengalami menstruasi, sel telur dikeluarkan dengan disertai darah yang berasal dari lapisan dinding rahim. Anak perempuan mulai mengalami menstruasi antara umur 9 - 15 tahun.

Beberapa hal yang harus dilakukan dalam menghadapi masa pubertas, antara lain bersikap tenang, selalu menunjukkan sikap percaya diri, bersikap jujur dan terbuka kepada orang yang kamu percayai ketika terjadi perasaan yang tidak enak.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 7 Kepemimpinan Kelas 6 SD Mapel IPA. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 7 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 3 Kelas 6 SD Semester 2 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News