Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Tema 7 Kepemimpinan

Rangkuman Tema 7 Kepemimpinan Kelas 6 SD Mapel Bahasa Indonesia - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 7 yakni kepemimpinan untuk adik-adik kelas 6 SD semester 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

rangkuman bahasa indonesia kelas 6 tema 7

Rangkuman tema 7 kelas 6 mapel Bahasa Indonesia ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 2 (genap). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 7 bagi kelas VI SD mata pelajaran Bahasa Indonesia ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman Bahasa Indonesia Kelas 6 SD Tema 7 Kepemimpinan

Berpidato adalah berbicara di hadapan banyak orang. Dalam berpidato perlu mengetahui keadaan dan situasinya. Berpidato harus sesuai dengan keperluannya. Pidato yang baik harus runtut. Runtut, artinya disampaikan dengan urutan yang baik, yaitu diawali dengan kata pembukaan, penyampaian isi, dan kata penutup. Isi pidato mengungkapkan hal-hal yang berkaitan dengan keperluannya.

Teknik atau metode dalam berpidato, yaitu metode naskah, metode catatan kecil (ekstemporan), metode menghafal (memoriter), dan metode serta merta (impromptu).. Hal-hal yang harus kalian ketahui sebelum berpidato, yaitu wawasan pendengar secara umum, misalnya pejabat, pelajar, atau mahasiswa, lama waktu (durasi) pidato yang akan dibawakan, menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti, jenis pidato dan tema acara, menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, penguasaan materi pidato yang akan disampaikan.

Tujuan berpidato, yaitu mendorong/memberi semangat pendengarnya, meyakinkan pendengarnya, menginginkan reaksi dari pendengarnya, memberitahukan/menginformasikan pendengamya, dan menyenangkan dan menghibur pendengarnya.

Pidato merupakan penyampaian pikiran, informasi, atau gagasan dari pembicara kepada pendengar atau khalayak ramai. Sebelum menyampaikan informasi kepada orang lain melalui pidato, seseorang perlu melakukan persiapan terlebih dahulu yang berupa naskah pidato. Naskah pidato yang akan disampaikan disesuaikan dengan acaranya.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menyusun kerangka naskah pidato.

1. Menentukan tema.
2. Mengetahui untuk siapa pidato itu akan disampaikan.
3. Menentukan pokok-pokok apa saja yang disampaikan.

Kerangka pidato adalah catatan tentang pokok-pokok isi pidato yang disusun sesuai dengan urutan yang dikehendaki. Teks pidato dapat disusun berdasarkan kerangka tersebut.

Hal-hal yang harus ada dalam toks pidato seperti berikut ini.

1. Salam pembuka, bisa selamat pagi, selamat siang, dan sebagainya.
2. Pembuka pidato, berupa ucapan selamat datang dan terima kasih kepada segenap undangan yang hadir.
3. Isi pidato, bisa dengan menyampaikan tujuan acara, kesan, pesan, dan harapan harapan.
4. Penutup, menyampaikan simpulan isi pidato, permintaan maaf jika ada kesalahan dalam berucap.
5. Salam Penutup, berupa permintaan maaf dan salam untuk mengakhiri pidato.

Waktu perpidato harus memperhatikan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat dalam berpidato, serta penguasaan naskah.

Cara yang bisa dilakukan dalam membuat teks pidato sebagai berikut.

1. Menentukan tema pidato, tema pidato harus sesuai dengan kondisi dan acara yang sedang berlangsung.
2. Mengenali sifat atau karakter audien.
3. Mengumpulkan segala macam materi yang dibutuhkan dalam pidato, materi bisa dari berbagai macam sumber.
4. Menyusun teks pidato dengan cara membuat kerangka pidato. Kerangka pidato yang berisi salam atau sapaan pembuka, pembuka pidato, isi pidato, penutup pidato, dan salam penutup.

Pidato persuasif merupakan pidato yang mengajak pendengarnya melakukan sesuatu. Pada pidato persuasif, pembicara menyampaikan imbauan atau ajakan untuk berbuat sesuatu hal.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 7 Kepemimpinan Kelas 6 SD Mapel Bahasa Indonesia. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 7 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 3 Kelas 6 SD Semester 2 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News