Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman IPS Kelas 6 SD Tema 8 Bumiku

Rangkuman Tema 6 Bumiku Kelas 6 SD Mapel IPS - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 8 yakni Bumiku untuk adik-adik kelas 6 SD semester 2 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

rangkuman ips kelas 6 tema 8

Rangkuman tema 8 kelas 6 mapel IPS ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 2 (genap). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 8 bagi kelas VI SD mata pelajaran IPS ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman IPS Kelas 6 SD Tema 8 Bumiku

Asia Tenggara adalah sebuah kawasan yang terletak di bagian tenggara benua Asia. Secara astronomis, wilayah Asia Tenggara terletak pada 29 LU-12 LS dan 9° BT-141° BT.

Negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara, yaitu Thailand, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos, Indonesia, dan Timor Leste.

Secara astronomis, Asia Tenggara berada di antara 28 LU-11° LS dan 93 BT-141 BT

Secara geografis, wilayah Asia Tenggara terletak di antara 3 benua dan 2 samudera, yaitu Benua Asia (sebelah barat laut), benua Australia (sebelah selatan), Benua Amerika dan Samudra Pasifik (sebelah timur), dan Samudra Hindia (sebelah selatan dan barat).

Jumlah penduduk Asia Tenggara pada 2020 jumlahnya kurang lebih sekitar 668.619.840 juta jiwa. Kemudian angka persentase pertumbuhan penduduk di tahun 2019-2020 yaitu sebesar 1%

Mata pencaharian penduduk kawasan Asia Tenggara bervariasi mulai dari pertanian, pertambangan, pariwisata, perdagangan dan perindustrian. Pertanian masih mendominasi di Asia Tenggara dengan produk utama seperti padi, jagung, buah-buahan, palawija, teh dan lainnya.

Asia Tenggara dibagi kepada dua kawasan: Indochina (Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos dan Vietnam) dan Kepulauan Melayu ("Nusantara), yang terdiri dari Malaysia, Singapura, Brunei, Indonesia, Timor Leste, dan Filipina.

Secara Astronomis, Filipina terletak di antara 4°40' LU-21°10 LU dan 116 40 BT-126" 34 BT Sebelah Barat Filipina adalah Laut Cina Selatan, Sebelah Timur adalah Laut Filipina sedangkan di sebelah Selatan adalah Laut Sulu dan Laut Sulawesi.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 8 Bumiku Kelas 6 SD Mapel IPS. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 8 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 8 Kelas 6 SD Semester 2 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News