Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bola Voli Mini : Pengertian, Ukuran Lapangan, dan Teknik Dasar Tingkat SD

Pada pembahasan materi penjaskes berikut adalah Pengertian, Ukuran Lapangan, dan Teknik Dasar Tingkat SD pada Bola Voli Mini.

bola voli mini SD

Kalian pasti sudah tahu apa itu voli? permainan voli itu memakai bola besar serta dimainkan secara beregu dengan batas net di tengah.

Apa kalian juga pernah memainkan bola voli? Kebanyakan orang pasti sudah memainkan olahraga ini walaupun cuma main-main saja.

Di desa-desa permainan ini begitu digemari oleh remaja laki-laki selain sepak bola. Voli memanglah olahraga yang sangat populer di kampung sebab permainan ini tidak membutuhkan lapangan yang luas.

Nah, kebetulan pada kesempatan kali ini sekodas.com ingin membahas apa itu voli? Seperti pada judul yaitu Bola Voli Mini : Pengertian, Ukuran Lapangan, dan Teknik Dasar Tingkat SD yang akan kami bahas.

Pengertian, Ukuran Lapangan, dan Teknik Dasar Bola Voli Mini

Permainan bola voli mini adalah permainan yang sudah dimodifikasi dari permainan bola voli yang sesungguhnya, Permainan bola voli mini untuk mempermudah siswa melakukannya karena distandarkan dengan kemampuan anak didik di tingkat sekolah dasar.

Bola voli mini merupakan suatu olahraga permainan beregu. Bola voli mini termasuk permainan bola besar. Permainan ini dimainkan oleh dua regu yang dipisahkan dengan net di tengah-tengah lapangan. Permainan bola voli mini ini dilakukan di lapangan yang berbentuk persegi panjang.

Tujuan dari permainan bola voli mini adalah supaya setiap regu bisa melewatkan bola melalui atas net sampai bola yang dilewatkan tidak menyentuh lantai di dalam daerah atau lapangan sendiri. Dalam permainan bola voli tiap regu berusaha untuk memasukkan bola ke daerah lawan melewati atas net dan berusaha memenangkan pertandingan dengan cara mematikan bola di daerah lawan, yaitu bola dapat menyentuh lantai lapangan lawan.

1. Lapangan Bola Voli Mini

ukuran lapangan voli

Lapangan bola voli mini berbentuk persegi panjang dengan ukuran sebagai berikut.

a. Panjang lapangan 12 meter.
b. Lebar net putra 6 meter.
c. Tinggi net putra 2,5 meter.
d. Tinggi net putri 2 meter.
e. Bola yang digunakan adalah nomor 4.
f. Jumah pemain dalam satu regu ada 4 orang dengan pemain cadangan 2 orang.

2. Teknik Dasar Permainan Bola Voli Mini

Permainan bola voli memiliki teknik dasar yang harus dikuasai dan dipahami dalam permainan bola voli, yaitu servis, mengoper bola, smes (smash), dan blocking.

a. Servis

servis voli

Servis merupakan pukulan bola salah satu regu yang menandakan dimulainya pertandingan voli. Servis merupakan serangan pertama bagi regu yang melakukan servis dalam permainan bola voli. Servis dilakukan dari luar garis belakang. Pukulan pertama harus mengarah ke daerah lawan. Servis dalam voli dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu servis atas dan servis bawah.

b. Mengoper Bola (Passing)

Mengoper bola (passing) adalah mengoperkan bola kepada teman sendiri dalam satu regu dengan satu cara tertentu. Mengoper bola dalam permainan voli dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara mengoper bola dari bawah (bugger) dan mengoper bola dari atas (set-up).

1) Passing Atas

passing atas

Passing atas, adalah passing yang dilakukan menggunakan jari-jari dari kedua tangan. Passing atas bermanfaat dalam menerima servis, menerima operan teman, mengoper bola, mengumpan smes (smash), dan mengembalikan bola.

2) Passing Bawah

passing bawah

Passing bawah merupakan dasar permainan bola voli. Pa bawah dilakukan dengan dua tangan yang dikaitkan, kemudian diayunkan menggunakan pergelangan tangan. Passing bawah begitu banyak manfaatnya, antara lain menerima servis, menahan smash, dan memantulkan bola.

c. Smes (Smash)

smash

Smes atau smash merupakan serangan pukulan yang keras saat bola berada di atas jaring untuk dimasukkan ke daerah lawan. Gerakan smes adalah gerakan dari seorang pemain untuk melakukan pukulan keras yang biasanya mematikan karena bola sulit diterima atau dikembalikan oleh lawan.

d. Blocking

blocking

Blocking adalah usaha pemain untuk mencoba menahan atau menghalangi bola yang datang dari daerah lawan agar tidak jatuh ke daerah sendiri. Blocking biasanya dilakukan oleh pemain yang berdiri di dekat jaring atau net. Smes dan blocking dilakukan dengan melakukan lompatan tinggi sehingga tangan bisa mencapai posisi di atas net.

Demikian Pengertian, Ukuran Lapangan, dan Teknik Dasar Tingkat SD tentang Bola Voli Mini yang dilansir dari berbagai sumber buku yang ada di sekolah dasar.

Jika bermanfaat bisa kalian share.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News