Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atletik : Teknik Dasar Lompat Jauh untuk Sekolah Dasar

Selamat datang di sekodas.com pada kesempatan kali ini kami ingin menjelaskan tentang teknik dasar dalam lompat jauh salah satu cabang olahraga atletik untuk sekolah dasar (SD).

teknik dasar lompat jauh

Sebenarnya cabang atletik sendiri ada banyak, akan tetapi yang dibahas pada postingan ini hanyalah lompat jauh saja.

Di SD teknik-teknik dasar pada lompat jauh seharusnya sudah diberikan baik melalui teori maupun praktek langsung.

Pada olahraga lompat jauh sebelum melakukan gerakan ini pada penjaskes alangkah baiknya melakukan pemanasan. Sebab pemanasan itu penting dalam kegiatan olahraga guna meminimalisir dari cidera serta dapat melemaskan otot-otot sebelum melakukan olahraga.

Teknik Dasar Lompat Jauh

Berikut pengertian, ukuran lapangan, dan tahap-tahap melakukan lompat jauh, dapat disimak pada artikel di bawah:

Pengertian Atletik

Atletik adalah dasar bagi seluruh cabang olahraga. Alasannya dalam atletik terdapat semua dasar-dasar gerakan olahraga, seperti jalan, lari, lompat, dan lempar.

Lompat jauh adalah suatu upaya untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya hanya dengan sekali tolakan Lompat jauh dilakuka dengan cara berlari secepat-cepatnya kemudian melompat di atas papan tolakan, melayang di udara, dan mendarat. Ada beberapa gaya yang terdapat pada lompat jauh, yaitu meliputi:

1. gaya jongkok (gaya tuck),
2. gaya berjalan di udara (walking in the air), dan
3. gaya menggantung (gaya hang).

Gaya jongkok merupakan gaya yang paling mudah untuk dilakukan. Gaya jongkok biasanya digunakan untuk pelompat pemula.

Ukuran lapangan untuk lompat jauh

1. Panjang bak pasir adalah 9 meter.

2. Lebar bak pasir 2,75 meter.

3. Jarak antara papan tolak dengan bak pasir 1 meter.

4. Panjang lintasan lompat jauh 45 meter.

Tahap-tahap untuk melakukan lompat jauh

1. Awalan

Awalan berfungsi untuk mendapatkan kecepatan pada waktu akan melompat. Awalan dilakukan dengan berdiri di tengah lintasan dengan jarak yang sudah ditentukan, kemudian memusatkan perhatian. Awalan yang benar adalah berlari cepat dengan irama yang tetap saat akan menolak pada papan tumpuan.

2. Tolakan

Tolakan merupakan upaya melakukan tolakan pada papan tumpuan menggunakan kaki terkuat. Saat kaki melakukan tolakan posisi badan lebih ditegakkan dan lengan diayunkan ke depan atas. Menolak dilakukan dengan kaki terkuat menggunakan ujung kaki.

3. Saat Melayang di Udara

Setelah menumpu, kaki diayunkan jauh ke depan dengan lutut ditekuk membentuk sudut lebih dari 90 derajat. Badan ketika melayang ditegakkan dan sebelum pendaratan badan dibungkukkan ke depan serta kedua kaki diluruskan ke depan untuk pendaratan.

4. Saat Mendarat

Mendarat di bak lompat diawali dengan kedua tumit dan kedua kaki agak rapat Lutut tertekuk dan menggeserkan pinggangnya ke depan dalam posisi jongkok. Kedua lengan ke depan menyentuh tempat pendaratan dan pandangan mata ke depan. Pendaratan yang sempurna bila sikap badannya hampir duduk dan tidak jatuh ke belakang.

Nah, sudah tahu kan dasar-dasar teknik dalam melakukan lompat jauh, silahkan dicoba pada saat olahraga di sekolah. Dengan teknik-teknik yang diberikan di atas sehingga akan didapatkan jarak pendaratan yang jauh.

Jika artikel di atas begitu sangat dibutuhkan, bisa anda share ke teman-teman anda.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News