Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Dasar Permainan Kasti Penjaskes Kelas 4 SD Semester 2

Adik-adik pada kesempatan kali ini admin ingin membahas bahan ajar Penjaskes (PJOK) Kelas 4 SD Semester 2 tentang Teknik Dasar Kasti untuk peserta didik sekolah dasar.

teknik dasar permainan bola kasti

Kalian pasti sudah tahu apa itu permainan bola kasti? Kasti biasanya kita mainkan dengan kelompok atau beregu. Pada sekolah dasar saat memainkan permainan kasti ini tidak terhitung untuk setiap kelompoknya, yang jelas berapa jumlah siswa dalam satu kelas itu dibagi dua.

Sejak kecil atau mulai dari kelas 1 SD kita sudah dikenalkan permainan bola Kasti ini oleh guru Penjas atau olahraga kita di lapangan. Permainan ini cukup digemari oleh anak-anak, sebab permainan ini sungguh asyik dimainkan bersama teman-teman.

Nah, untuk lebih tahu lagi apa itu permainan kasti, maka admin bahas seperti di bawah ini:

Permainan Bola Kasti Mapel Penjaskes Kelas 4 SD Semester 2

Kasti adalah salah satu permainan bola kecil, permainan kasti termasuk salah satu permainan yang dimainkan secara tim/regu. Permainan kasti dibagi menjadi dua tim atau 2 regu. Regu pertama disebut regu pemukul, sedangkan regu kedua disebut regu penjaga.

Pada permainan kasti di setiap regu tim terdapat dua belas pemain. Setiap pemukul biasanya diberi satu kali kesempatan untuk memukul bola. Untuk memenangkan permainan kasti ini diperlukan kekompakan tim/regu atau ketangkasan dari masing-masing pemain.

Pemenang pada permainan kasti ini ditentukan dari jumlah nilai atau skor yang didapat. Regu atau tim yang mendapat skor paling banyak dinyatakan sebagai pemenang dalam permainan ini.

Permainan kasti dimainkan pada lapangan yang luas serta memakai beberapa peralatan. Peralatan kasti yang digunakan antara lain pemukul yang terbuat dari kayu atau disebut dengan slag, bola kasti, nomor dada, dan nomor punggung, tempat hinggap (base), garis pembatas lapangan, serta ruang pemberhentian.

Bola kasti yang dipakai dalam permainan ini terbuat dari karet atau kulit yang di dalamnya diisi sabut kelapa. Tongkat pemukul kasti terbuat dari kayu dan memiliki panjang kurang dari 60 cm.

Agar bisa melakukan permainan kasti dengan baik maka seorang pemain dituntut untuk menguasai teknik-teknik dasar permainan. Teknik dasar yang harus dikuasai antara lain seperti, melempar bola, menangkap bola, dan memukul bola. Untuk penjelasan teknik-tekniknya seperti berikut ini:

Cara Melempar Bola

Cara melempar bola pada permainan kasti perlu kita ketahui, agar kita dalam melempar bola tidak salah. Ada beberapa cara yang digunakan untuk melempar bola kasti, antara lain sebagai berikut:

1. Lemparan Melambung

Lemparan bola melambung bertujuan untuk mengoper bola dengan jarak yang jauh. Tahap-tahap dalam melakukan lemparan melambung sebagai berikut:

  • Sikap berdiri menyamping, kaki kiri di depan, dan kaki dibuka selebar bahu
  • Tangan kanan memegang bola dan berada di samping dengan siap melempar
  • Pandangan lurus ke arah yang dituju
  • Bola dilempar dar atas kepala sehingga jalannya bola akan melambung tinggi
  • Posisi bola lambungan berada di atas kepala si pelempar

2. Lemparan Mendatar

Melempar bola dengan cara ini digunakan untuk melempar lawan yang berlari atau mematikan lawan. Sasaran yang dituju adalah punggung dan pantat lawan. Berikut cara-cara melakukan lemparan mendatar.

  • Sikap berdiri menyamping, kaki kiri di depan, dan kedua kaki dibuka lebar.
  • Tangan kanan memegang bola dan siku dibengkokkan sekitar 90°. 
  • Pandangan ke arah sasaran yang dituju.
  • Bola dilemparkan sejajar kepala sehingga jalannya bola sejajar dengan tinggi dada.

3. Lemparan Menyusur Tanah

Melempar bola dengan cara ini digunakan untuk mengoper bola kepada teman yang terdekat. Berikut cara melakukan lemparan menyusur tanah.

  • Sikap berdiri menyamping, kaki kiri di depan, dan kedua kaki dibuka lebar.
  • Posisi badan ketika melempar agak sedikit membungkuk.
  • Tangan kanan memegang bola, tangan disimpan di bawah dan agak dibengkokkan.
  • Pandangan ke arah sasaran yang dituju.
  • Bola dilemparkan menyusuri tanah sehingga jalannya bola akan sejajar dengan tanah.

Cara Menangkap Bola

Ada beberapa gerakan menangkap bola dalam permainan kasti. Gerakan ini dapat dilakukan dengan satu atau dua tangan. Gerak menangkap bola dilakukan oleh penjaga belakang. Hal yang perlu diperhatikan dalam menangkap bola ialah arah datangnya bola. Cara menangkap bola dibedakan menjadi tiga, berikut ini:

  1. menangkap bola mendatar atau lurus,
  2. menangkap bola melambung, dan
  3. menangkap bola rendah atau menyusur tanah.

Cara Memukul Bola

Setiap pemain harus dapat menguasai dengan baik cara memukul bola karena sebuah pukulan dapat menentukan berhasil tidaknya permainan. Apabila seorang pemain dapat menghasilkan pukulan yang jauh, bola tidak dapat dikuasai oleh lawan dan menghasilkan nilai maksimal. Arah pukulan dibagi menjadi tiga macam, yaitu melambung, mendatar, dan ke bawah. Ketiganya memiliki cara memukul yang sama, namun yang membedakannya adalah cara mengayunkan pukulan.

Nah, demikian Aktivitas Permainan Kasti dalam Penjaskes Kelas 4 SD Semester 2 yang dilansir dari buku paket PJOK kelas IV Semester genap. Semoga adik-adik akan mengerti apa itu permainan kasti yang dilakukan saat olahraga di sekolah.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News