Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Hallo adik-adik, bagaimana kabar kalian hari ini? kami harap semua dalam keadaan sehat. Disaat pandemi seperti ini jangan lupa selalu pakai maskermu disaat keluar rumah ataupun sekolah tatap muka. Serta sering-seringlah cuci tangan setelah menyentuh apapun. Pada kesempatan kali ini kami ingin bagikan materi pelajaran yakni ciri-ciri makhluk hidup.

anak ayam

Kita sudah tahu apa saja yang termasuk makhluk hidup tersebut, ya, yang termasuk makhluk hidup diantaranya manusia, hewan dan tumbuhan. Diantara ketiga makhluk hidup tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Untuk itu mari kita bahas bersama sama ciri-ciri makhluk hidup tersebut. Materi ciri-ciri makhluk hidup ini masuk pada pelajaran tema 1 pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup pada kelas 3 semester 1 kurikulum 2013.

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

1. Hewan

Setiap makhluk hidup memiliki cara masing-masing untuk berkembangbiak. Demikian juga hewan-hewan berkembang biak dengan dua cara yaitu beranak dan bertelur.

1. Bertelur merupakan perkembangbiakkan suatu makhluk hidup yakni hewan dengan menghasilkan telur atau bertelur. Kemudian telur tersebut dierami sampai menetas yang dilakukan di luar badan induknya dengan menghasilkan anak atau individu baru yang sejenis.

2. Beranak merupakan perkembangbiakkan suatu makhluk hidup yakni hewan dengan cara pembuahan sel jantan terhadap sel betina di dalam tubuh induknya. Kemudian mengalami pertumbuhan hingga akhirnya dilahirkan dengan bentuk individu baru yang sejenis. Proses ini biasa disebut melahirkan atau beranak.

2. Manusia

Manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang paling sempurna. Manusia dapat melakukan gerak tubuh.

  1. Gerakan berjalan
    Gerakan berjalan dibagi menjadi empat, yaitu sebagai berikut:
    a. Berjalan ke depan
    b. Berjalan ke belakang
    c. Berjalan ke samping kiri
    d. Berjalan ke samping kanan
  2. Gerakan Berlari
    Lari adalah gerakan melangkahkan kaki disertai ayunan kedua tangan ke arah depan dan belakang. Lari bisa dilakukan ke berbagai arah. Perbedaan lari dengan jalan adalah pada kecepatan saat melangkahkan kaki.

3. Tumbuhan

Tumbuhan juga dapat berkembang biak seperti halnya makhluk lainnya. Namun, dalam perkembangbiakan tumbuhan dapat dilakukan beberapa cara diantarnya generatif dan vegetatif.

untuk lebih jelasnya tentang perkembangbiakkan tumbuhan anda dapat kunjungi link berikut:

- Perkembangbiakan tumbuhan secara generatif

- perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif

Perkembangbiakkan vegetatif pada tumbuhan juga dibedakan menjadi dua yaitu vegetatif alami dan vegetatif buatan.

Maklhuk hidup dapat tumbuh dan berkembang jika mendapatkan makan dan minuman. Makan dan minum dibutuhkan setiap makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang baik itu manusia, tumbuhan dan hewan semuanya membutuhkan makan dan minum.

Tumbuhan memerlukan air dan pupuk untuk tumbuh dan berkembang, manusia membutuhkan nutrisi seperti nasi, sayur, susu, daging, dan buah-buahan. Hewan memiliki asupan makanan yang berbeda-beda, ada yang makan biji-bijian, makan daun, dan ada yang makan daging.

Jadi, antara makhluk hidup satu dengan yang lainnya itu berbeda asupan makan untuk tumbuh dan berkembang. Dengan begitu kita akan tahu ciri-ciri makhluk hidup yang ada di dunia ini.

Demikian bahan ajar tentang ciri-ciri makhluk hidup pada pelajaran tema 1 subtema 1 kelas 3 sd semester 1 kurikulum 2013. Semoga bermanfaat buat kita semua.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News