Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalender Pendidikan Sekolah Terbaru Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023

Berikut kami akan menyampaikan file kalender pendidikan (kaldik) terbaru Provinsi Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Adapun bentuk file itu PDF bukan doc. atau docx, akan tetapi ada juga yang berbentuk excel. Jika menginginkan mengedit dan disesuaikan dengan sekolah masing masing bisa menconvert PDF ke Word.

kaldik lampung

Kalender Pendidikan Terbaru tahun 2022 2023 Provinsi Lampung ini dapat digunakan semua jenjang mulai dari TK PAUD, SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, serta mengetahui hari libur nasional maupun libur semester. Sehingga kaldik ini sebagai salah satu acuan sekolah untuk menentukan jadwal kegiatan efektif, ujian semester sekolah, ujian akhir sekolah, ujian nasional berbasis komputer, ujian sekolah berstandar nasional dan liburan sekolah.

Dalam kalender pendidikan tahun ajaran 2022 2023 Provinsi Lampung ini juga sudah menentukan kapan PPDB (Pendaftaran Penerimaan Siswa Baru) juga sudah diatur waktu dan tanggalnya. Hal ini agar para pendidik maupun orang tua wali mengetahui kapan anak-anaknya disekolahkan.

Pada kaldik tahun 2022/2023 Provinsi Lampung juga mengatur tentang PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah), merupakan kegiatan pertama masuk sekolatr untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur Sekolah.

Untuk jadwal ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian juga sudah tertera pada kalender pendidikan Provinsi Lampung tahun 2022/2023 ini. Serta hari-hari libur baik nasional maupun libur setelah melaksanakan ulangan.

ISI Kalender Pendidikan

Kalender Pendidikan yang ada pada sekolah ini berisi tentang berbagai macam hal diantaranya ada sebagai berikut ini:

– Perencanaan pembelajaran yang dimulai dari kegiatan awal tahuan setiap kegiatan yang akan dirancang dalam satu tahun kedepan.

– Kalender pendidikan ini sesuai dengan minggu efektif dalam proses pembelajaran setiap tahun pendidikan

– Dalam kalender pendidikan ini berii tentang waktu pembelajaran efektif dengan kata lain sebagai hari efektif masuk sekolah setiap minggunya. Baik itu dalam kegiatan ujian semesteran maupun hal lainnya yang ada dalam proses belajar mengajar.

– Penetapan waktu libur yang telah ditetapkan sebelumnya yang ada pada tengah semester, antar semester libur hari raya, libur permulaan ramadhan, libur keagamaan, libur khusus untuk daerah papua dan libur berbagai hari bear nasional

Kalender Pendidikan Hari Libur Nasional

Untuk Hari libur Nasional yang ada pada kalender pendidikan adalah sebagai berikut ini:

Tanggal
Hari Libur Nasional
1 JanuariTahun Baru Masehi
5 FebruariTahun Baru Imlek
7 MaretTahun Baru Nyepi
19 AprilWafatnya Isa Almasih
3 AprilIsra' Mi'raj
1 MeiHari Buruh
19 MeiWaisak
1 JuniHari Pancasila
3-7 JuniHari Raya Idul Fitri
17 AgustusHari Kemerdekaan Indonesia
11 AgustusHari Raya Idul Adha
1 SeptemberTahun Baru Hijriyah
9 NovemberMaulid Nabi Muhammad
24-25 DesemberHari Natal

Adapun kewajiban kepala sekolah dan para guru dalam hal memasuki awal tahun pelajaran baru untuk membuat beberapa program kegiatan yang akan disampaikan pada program kerja sekolah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Nah, silahkan untuk membuat program tersebut.

Pentingkah kalender pendidikan? Keberadaan kalender pendidikan ini sebagai salah satu penunjang dalam efektivitas proses pembelajaran sehingga program jangka pendek, menengah dan jangka panjang dapat terselesaikan dengan adanya rencana kegiatan yang tercantum pada kalender pendidikan tersebut. Semua jenjang pendidikan tentunya harus menyesuaikan kalender pendidikan yang ada di lingkungan kabupaten atau provinsi, seperti di Papua contohnya, setiap tanggal 5 februari diperingati hari libur injil masuk Papua dan pada tahun ini bertepatan dengan hari libur tahun baru imlek. Dan adapun kalender pendidikan ini memiliki artian yang sangat penting dan menyusunynya harus sesuai dengan beberapa syarat penyusunan sebagai berikut ini:

1. Penyusuanan kalender harus sesuai dengan hari libur nasional yang telah ditetapkan oleh presiden melalui tiga menteri yaitu menteri agama, pendidikan dan menteri pendayaguanaan aaratur sipil negara.

2. Penyusuanan kalender harus sesuai dengan jadwal penerimaan peserta didik baru pada awal tahun ajaran baru.

3. Penyusunan kalender pendidikan harus sesuai dengan kegiatan penilaian ujian tengah semseter dan akir semseter, dan juga ada pada perkiraan ujian nasional

4. Kalender pendidikan harus sesuai dengan jadwal libur awal ramadhan, libur idul fitri, libur semester satu dan dua.

Berikut untuk link download kaldik Provinsi Lampung Tahun 2022 2023:

Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2022/2023 Provinsi Lampung UNDUH DISINI

Demikian informasi tentang Kalender Pendidikan Provinsi Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi acuan dalam pembuatan administrasi sekolahnya. Jika mengalami kesulitan dalam mengunduh file silahkan berikan komentar dibawah.

Sekian terima kasih dan salam sukses selalu untuk bapak ibu guru semuanya.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News