Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman IPA Kelas 6 SD Tema 4 Globalisasi

Rangkuman Tema 4 Globalisasi Kelas 6 SD Mapel IPA - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 4 yakni globalisasi untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

rangkuman ipa kelas 6 tema 4

Rangkuman tema 4 kelas 6 mapel IPA ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 1 (ganjil). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 4 bagi kelas VI SD mata pelajaran IPA ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman IPA Kelas 6 SD Tema 4 Globalisasi

Listrik telah menjadi kebutuhan pokok manusia. Listrik digunakan dalam berbagai bidang kehidupan manusia, mulai dari kebutuhan rumah tangga seperti memasak, mencuci, dan menyetrika hingga urusan pekerjaan atau mengerjakan tugas sekolah. Laptop, komputer, dan printer yang kita gunakan sangat bergantung pada arus listrik.

Meningkatnya kebutuhan listrik tersebut perlu diiringi dengan penambahan kapasitas produksi listrik melalui berbagai sumber tenaga seperti air, angin, uap, surya, gas, dan sebagainya. Untuk dapat menjadi energi listrik sumber-sumber tenaga tersebut dikonversi dengan menggunakan sebuah alat yang disebut pembangkit listrik.

Air mengandung energi potensial untuk dapat menghasilkan energi listrik setelah melalui proses konversi dalam Pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Secara umum PLTA adalah mesin konversi energi yang terdiri dari waduk, bendungan, turbin, generator, dan transformator.

Energi listrik yang dihasilkan oleh pembangkit listrik disalurkan sampai kepada pengguna melalui beberapa tahapan distribusi. Tahap I di pembangkit listrik, tahap Il di transformator penaik tegangan, tahap III di gardu induk, tahap IV di gardu distribusi, dan tahap V sampai di pengguna.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan menghemat energi listrik di rumah, seperti menggunakan lampu hemat listrik, mematikan lampu saat meninggalkan ruangan, untuk mendapat udara segar jendela dapat dibuka daripada menggunakan AC, selalu menutup pintu lemari es dengan rapat, mematikan komputer dan televisi apabila tidak digunakan.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 4 Globalisasi Kelas 6 SD Mapel IPA. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 4 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 4 Kelas 6 SD Semester 1 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News