Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Singkat Negara-Negara Anggota ASEAN

Konten [Tampil]

Berikut kami sampaikan bahan ajar IPS untuk kelas 6 SD semester 1 pada tema 1 subtema 1 yakni profil singkat negara-negara anggota ASEAN. ASEAN memiliki kepanjangan Association of South East Asia Nation atau juga disebut dengan PERBARA yaitu Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

profil singkat negara asean

ASEAN didirikan melalui beberapa pertemuan, pada tanggal 5 - 8 Agustus 1967 ada lima negara asia tenggara mengadakan pertemuan yang diadakan di Bangkok. Pada tanggal 8 Agustus 1967 ditentukan untuk berdirinya ASEAN atas dasar Deklarasi Bangkok.

Ada 10 negara yang sudah menjadi anggota ASEAN diantaranya yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Myanmar. Untuk mengetahui profil singkat negara-negara anggota ASEAN tersebut silhkan simak penjabarannya berikut ini:

Negara-Negara Anggota ASEAN

1. Indonesia

Ibu kota negara Indonesia adalah Jakarta, Hari kemerdekaan indonesia yaitu 17 Agustus 1945, memiliki lagu kebangsaan yang berjudul Indonesia Raya, Bahasa resmi yang dipakai adalah Bahasa Indonesia, Mata uang Indonesia adalah Rupiah, ada beberapa agama yang dianut negara ini yakni Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghuchu, serta Indonesia memiliki lambang negara yakni Burung Garuda.

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau serta memiliki wilayah perairan yang luas sehingga disebut juga negara maritim. Indonesia dipimpin oleh seorang Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

2. Singapura

Ibu kota negara Singapura adalah di Singapura sendiri, Singapura juga memiliki hari kemerdekaan yakni 9 Agustus 1959, Lagu kebangsaan negara singapura adalah Majulah Singapura, Bahasa resmi yang diapakai yakni Bahasa Inggris, mata uang negara ini adalah Dollar Singapura, sebagian besar penduduknya menganut agama Islam, Kristen, Hindu, dan Buddha.

Negara Singapura berbentuk Republik yang dipimpin oleh Presiden sebagai kepala negara sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Singapura merupakan negara kecil yang ada disebelah utara Indonesia, negara ini dahulunya merupakan pulau yang sebagian besar hutan serta rawa-rawa. Namun, negara ini saat ini sudah menjadi tujuan para turis untuk menikmati keindahan yang ada di Singapura.

3. Malaysia

Malaysia terbagi menjadi dua bagian yakni bagian barat dan bagian timur. Ibu kota negara ini adalah Kuala Lumpur, sedangkan hari kemerdekaannya adalah 31 Agustus 1957, memiliki lagu kebangsaan yakni Negaraku, bahasa resmi yang dipakai adalah Bahasa Melayu, mata uang Malaysia adalah Ringgit, dan masyarakat menganut agama antara lain Islam, Kristen, Budha, Hindu dan Konghuchu.

Malaysia merupakan negara kerajaan yang dipimpin oleh seorang sultan yang bergelar Yang Dipertuan Agong sebagai kepala negara. Sedangkan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang Perdana Menteri.

4. Thailand

Ibukota negara Thailand terletak di Bangkok, lagu kebangsaan negara Thailand adalah Phleng Chat, Bahasa resmi Thailand ada 3 yakni Thai, Tiongkok dan Inggris, Mata uang yang dipakai adalah Bath-Stang, serta agama yang dianut negara ini ada beberapa antara lain Islam, Kristen, dan Buddha.

Bentuk negara Thailand adalah kerajaan, kepala negara Thailand adalah raja sedangkan kepala pemerintahannya dipimpin perdana menteri. Thailand merupakan negara yang ada di Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh penjajah. Negara ini juga terkenal sebagai negara lumbung padi ASEAN.

5. Filipina

Manila adalah ibukota Filipina, hari kemerdekaan Filipina adalah 4 Juli 1946, Lagu kebangsaan negara Filipina adalah Lupang Hinirang, bahasa yang dipakai negara ini adalah Tagalog dan Inggris, Peso menjadi mata uang Filipina, serta agama yang dianut adalah Islam, Kristen dan Katolik.

Filipina seperti Indonesia yaitu negara kepulauan, Filipina memiliki 2 pulau terbesar yaitu pulau Mindanau dan pulau Luzon. Filipina merupakan negara yang berbentuk Republik, kepala negara dan kepala pemerintahannya adalah seorang presiden.

6. Brunei Darussalam

Ibukota negara Brunei Darussalam adalah Bandar Seri Begawan, hari kemerdekaan Brunei adalah 1 Januari 1984, memiliki lagu kebangsaan yang berjudul Allah Peliharakan Sultan, bahasa resmi yang dipakai adalah bahasa melayu, mata uang Brunei Darussalam Dollar Brunei, serta agama yang ada dinegara ini cuma Islam.

Bentuk negara Brunei Darussalam adalah kesultanan. Kepala negara dipimpin oleh sultan seangkan kepala pemerintahan dipimpin oleh perdana menteri.

7. Vietnam

Ibu kota negara Vietnam adalah Hanoi, hari kemerdekaan Vietnam adalah 2 September 1945, memiliki lagu kebangsaan yang berjudul Tien Quan Ca, Bahasa resmi yang dipakai adalah Bahasa Vietnam, memiliki mata uang Dong, agama yang dianut ada beberapa diantaranya Buddha, Konghucu, Taoisme, Kristen, dan Islam.

Bentuk pemerintahan negara Vietnam adalah republik, yang dipimpin oleh presiden sebagai kepala negara dan juga kepala pemerintahan. Wilayah negara Vietnam adalah berupa beberapa pantai, pegunungan dan delta.

8. Laos

Ibu kota Laos adalah Vientiane, hari kemerdekaan 19 Juli 1949, memiliki lagu kebangsaan yakni Pheng Xat Lao, bahasa resmi yang dipakai Laos adalah Bahasa Laos, mata uang Laos adalah New Kip, agama yang ada di laos cuma Buddha.

Kepala negara Laos adalah presiden dan kepala pemerintahan perdana menteri. Negara Laos merupakan negara yang tidak memiliki laut. Negara ini termasuk negara tertinggal dari negara-negara anggota ASEAN lainnya. Negara ini masih memerlukan bantuan negara lain untuk mencukupi kebutuhan negaranya.

9. Kamboja

Ibu kota negara Kamboja adalah Pnom Penh, hari kemerdekaan pada 9 November 1953, lagu kebangsaan Kamboja berjudul Noko Reach, bahasa resmi yang dipakai yakni bahasa Khmer, mata uang Kamboja Riel Kamboja, agama terbesar Kamboja adalah Buddha.

Kepala negara Kamboja dipimpin oleh raja sedangkan kepala pemerintahan dipegang oleh perdana menteri. Negara Kamboja merupakan negara bekas jajahan Perancis.

10. Myanmar

Ibukota Myanmar Naypyidaw, 4 Januari 1948 menjadi hari kemerdekaan Myanmar, lagu kebangsaan berjudul Kaba Ma Kyei, Bahasa Birma dijadikan bahasa resmi negara Myanmar, mata uang yang dipakai adalah Kyat, agama yang ada di Myanmar antara lain buddha, islam dan kristen.

Dahulu Myanmar bernama Birma. Kepala negara myanmar adalah presiden dan kepala pemerintahan perdana menteri. Sejak tahun 2005 ibu kota myanmar pindah ke kota Naypydaw. Myanmar pernah menjadi produsen beras terbesar di dunia.

Itulah profil singkat negara-negara anggota ASEAN yang dapat diuraikan, semoga bermanfaat dan dapat membantu para pembaca mengetahui negara negara ASEAN.

Posting Komentar untuk "Profil Singkat Negara-Negara Anggota ASEAN"