Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download RPP 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 6 7 8 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020

Download RPP 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 6 7 8 9 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020 - RPP merupakan kepanjangan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP wajib dipunyai atau dimiliki oleh setiap guru baik itu guru SD, SMP, dan SMA. Karena administrasi ini begitu penting bagi seorang guru.


Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas seorang guru harus menyiapkan terlebih dahulu RPP. RPP itu adalah sebuah rencana pembelajaran yang nantinya dilaksanakan pada pembelajaran dikelas. Untuk itu RPP harus disesuaikan dengan silabus yang mengacu pada KD serta metode yang akan dipakai saat pembelajaran.

RPP sekarang tidaklah sebanyak dahulu karena sudah di sederhanakan menjadi satu lembar saja. Upaya ini untuk meringankan guru di seluruh Indonesia dalam membuat administrasi. Hal ini sudah di keluarkan dalam Surat Edaran Mendikbud No. 14 tahun 2019 oleh Nadiem Makarim.

RPP 1 lembar ini secara khusus dikembangkan dari silabus agar dalam pembelajaran terarah dan mencapai Kompetensi Dasar secara efektif. Penyederhanaan RPP menjadi 1 lembar ini sudah sesuai dengan pertimbangan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Efisien sendiri memiliki arti yakni dalam penulisan RPP dapat dilakukan secara tepat dan tidak memakan banyak waktu, biaya, dan tenaga yang dikeluarkan. Efektif memiliki arti dalam penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sedangkan berorientasi pada peserta didik adalah dalam penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan dan kebutuhan peserta didik di kelas.

RPP 1 lembar ini hanya mencakup 3 komponen saja yaitu Tujuan Pembelajaran, Langkah langkah Pembelajaran dan Penilaian (Assesmen).

1. Tujuan Pembelajaran


Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk pada Kurikulum 2013 dan kebutuhan belajar peserta didik.

Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar.

Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Indikator yang telah ditentukan.

2. Langkah-langkah Pembelajaran


Langkah-langkah pembelajaran ditulis secara efektif berupa kegiatan yang dapat secara langsung mencapai Kompetensi Dasar.

Meskipun demikian, kegiatan pembelajaran tetap dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik.

Di dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik diajak untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang yang cukup bagi kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologisnya.

3. Penilaian Pembelajaran (Assesment)


Prosedur penilaian pembelajaran juga dibuat secara sederhana dengan tetap memperhatikan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.

Dengan adanya kebijakan penyederhanaan RPP ini, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bisa saja dibuat hanya satu halaman, karena penyederhaan RPP tidak memerlukan persyaratan jumlah halaman.

Guru yang sudah membuat RPP dengan format yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah tetap dapat menggunakan format RPP yang sudah dibuat sebelumnya.

Adapun bentuk RPP 1 lembar dapat anda unduh pada link di bawah ini dan setelah itu dapat anda edit dan sesuaikan dengan sekolah anda masing masing.

Download RPP 1 Lembar Kelas 6 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020


Baca Juga : 
Download RPP 1 Lembar Kelas 6 SD Tema 1 2 3 4 5 Semester 1 ( KLIK DISINI )

Demikian Download RPP 1 Lembar Kelas 6 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2020 yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat dimanfaatkan untuk mendidik siswa siswinya dengan baik di kelas.

Jika terjadi link rusak atau tidak berfungsi silahkan beritahu kami lewat kolom komentar di bawah.

Baca Juga :

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News