Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal dan Bacaan Surat Al Kafirun 1 - 6 dan Artinya

Berikut kami sampaikan bacaan surat Al kafirun serta penjelasan dari surat Al Kafirun tersebut. Jika kalian yang beragama Islam pasti tahu surat Alkafirun tersebut. Di dalam Al.qur'an surat Alkafirun merupakan salah satu surat dengan urutan ke- 109.

surat al kafirun

Surat Al kafirun memiliki enam ayat, jadi surat ini termasuk ke dalam surat -surat pendek dalam Alqur'an. Surat Alkafirun termasuk ke dalam surat Makkiyah sebab surat ini turun di Mekkah. Surah Al Kafirun diturunkan setelah surat Al-Ma'un.

Mengapa surat ini dinamakan dengan surat Al Kafirun? sebab surat ini diambil dari perkataan Al-kafirun pada ayat pertama surah, yang artinya orang-orang kafir.

Allah menurunkan surah Q.S Al-Kafirun ini karena ajakan orang-orang kafir atau kaum musyrikin Quraysi kepada Rasulullah SAW, untuk menyembah tuhan (berhala) yang mereka sembah. Kaum musyrikin Quraysi menginginkan Rasulullah SAW dan para sahabatnya untuk menyembah tuhan orang-orang musyrikin selama satu tahun. Kemudian para kaum musyrikin Quraysi juga gantian menyembah Allah SWT dalam setahun.

Dari peristiwa di atas lalu Allah SWT menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW berupa surat Al-Kafirun ini guna menjawab ajakan kaum kafir Mekkah tersebut.

Surat Alkafirun yang diturunkan oleh Allah SWT ini mengisyaratkan tentang hilangnya harapan orang-orang kafir atas usaha mereka untuk menggagalkan dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Dijelaskan dalam surah Al-Kafirun, Nabi Muhammad SAW menyatakan keteguhan hatinya untuk tidak mengikuti sesembahan orang-orang kafir yaitu menyembah berhala. Ayat yang terkahir pada Surah Al-Kafirun juga menjelaskan tentang toleransi dalam menjalankan ibadah agama.

Nah, begitulah sedikit sejarah Surah Al-Kafirun yang diturunkan oleh Allah SWT atau wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW semoga dapat menjadikan kita sebagai pedoman dalam menganut agama Islam.

Berikut bacaan Surah Al-Kafirun Ayat 1 - 6 dan artinya

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلْ يٰٓاَيُّهَا الْكٰفِرُوْنَ

Qul yaa-ai yuhal kaafiruun

1. Katakanlah (Muhammad), "Wahai orang-orang kafir!

لَاۤ اَعْبُدُ مَا تَعْبُدُوْنَ

Laa a'budu ma t'abuduun

2. aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, 

وَلَاۤ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَاۤ اَعْبُدُ

Wa laa antum 'aabiduuna maa a'bud

3. dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah, 

وَلَاۤ اَنَا عَابِدٌ مَّا عَبَدْتُّمْ

Wa laa ana 'abidum maa 'abattum

4. dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, 

وَلَاۤ اَنْتُمْ عٰبِدُوْنَ مَاۤ اَعْبُدُ

Wa laa antum 'aabiduuna ma a'bud

5. dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah. 

لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ

Lakum diinukum wa liya diin.

6. Untukmu agamamu, dan untukku agamaku."


Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News