Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui dan Merubah Password Info GTK

Sekodas.com - Bagi seorang pendidik atau tenaga pendidik di sekolah-sekolah mungkin sudah tidak asing lagi dengan dapodik. Walau sudah tahu apa itu dapodik belum tentu bisa mengetahui password info GTK masing-masing.

cara merubah password info gtk

Info GTK itu dimiliki oleh semua pendidik maupun tenaga pendidik di sekolah. Untuk email dan password bisa mengetahuinya dengan membuka dapodik. Jika anda belum mengetahui email dan password bisa bertanya kepada operator sekolah anda masing-masing.

Jika anda seorang OPS baru yang pegang dapodik pasti juga mengalami kebingungan dalam mengetahui password info GTK bagi guru dan tendik di sekolah anda. Hal ini pernah saya alami waktu pertama kali jadi OPS di sekolah saya saat ditanya email dan password info GTK oleh seorang guru di kantor.

Hal tersebutlah yang membuat saya bertanya kepada teman yang lebih dulu menjadi OPS dan ternyata dalam melihatnya sangatlah mudah. Apalagi untuk mengganti password info GTK tersebut sama caranya seperti mengetahui akun https://info.gtk.kemdikbud.go.id/.

Mungkin anda akan bertanya atau mencari dalam pencarian google seperti ini cara merubah password info GTK atau cara mengetahui email dan password info GTK. Jangan khawatir saya akan berbagi pengalaman waktu itu dalam tulisan berikut ini.

Cara Mengetahui dan Merubah Password Info GTK

Langkah-langkah dalam merubah dan mengganti password info GTK seperti yang kami uraiakan di bawah ini.

1. Buka dapodik sekolah anda terlebih dahulu

2. Klik pengaturan

3. Pilih Tukar Akses Pengguna

4. Masukkan kode registrasi sekolah

Tiap-tiap sekolah memiliki kode registrasi sekolah masing-masing yang tahu hanya sekolah yang memiliki aplikasi dapodik.

5. Setelah memasukkan kode registrasi sekolah maka akan muncul seperti pada gambar di bawah, maka kemudian pilih salah satu nama yang akan diketahui email dan password info GTK nya

6. Setelah itu nanti akan terlihat tampilan dashboard GTK yang dipilih tadi, setelah itu klik GTK pada menu di sebelah kiri dapodik

7. Pada menu GTK pilih guru jika nama yang bersangkutan guru, jika tenaga pendidik pilih yang tendik jika nama tersebut tenaga pendidik

8. Kemudian klik nama yang bersangkutan hingga warna berubah

9. Lalu klik penugasan pada tombol menu dapodik di atas, nanti akan muncul seperti ini

10. Setelah itu klik Buat/Ubah Akun PTK

11. Maka kita akan mengetahui akun GTK, seperti email dan password

Jika ingin mengetahui password tersebut anda klik saja tampilkan password, bila ingin merubah passwordnya tinggal ganti saja pada password lalu konfirmasi password yang dimasukkan sama dengan yang atasnya. Kemudian klik simpan.

Demikian Cara Mengetahui dan Merubah Password Info GTK yang begitu mudah. Setelah jadi nanti bisa dicek pada alamat https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ jika sesuai yang ada pada akun PTK di dapodik maka sudah dipastikan dapat masuk.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News