Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme dan Contohnya

Selamat datang sobat sekodas.com, pada kesempatan yang baik ini kami ingin memberikan Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme dan Contohnya. Di sekolah pengertian ini sudah dijelaskan oleh bapak maupun ibu guru dalam pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

pengertian simbiosis mutualisme komesalisme parasitisme

Kalian tentunya juga sudah tahu Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme dan Contohnya. Namun tidak ada salahnya kalau kami tulis ulang agar memudahkan kalian dalam belajar untuk mengetahui pengertian-pengertian tersebut.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak bersama Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme serta Contohnya berikut ini.

Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme

Simbiosis adalah hubungan erat antara dua jenis makhluk hidup yang hidup bersama. Simbiosis sendiri ada tiga jenis, yaitu mutualisme, komensalisme, dan parasitisme.

1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan. Jadi pada simbiosis ini dari kedua makhluk hidup tidak ada yang dirugikan sama sekali bahkan saling menguntungkan satu sama lainnya.

Contoh dari simbiosis mutualisme salah satunya adalah hubungan antara bungan dengan lebah.

2. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah hubungan yang menguntungkan satu pihak saja, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan maupun dirugikan.

Contohnya dari simbiosis komensalisme salah satunya adalah tanaman anggrek dengan tanaman inangnya.

Pada simbiosis ini atau pada contoh pohon anggrek itu diuntungkan bisa hidup di pohon yang ditempatinya akan tetapi pohon inangnya tersebut tidak dirugikan. Anggrek mendapat makanan dari sari-sari yang menempel pada pohon tersebut bukan menyerap sari-sari makanan pohon yang ditempati.

3. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah hubungan yang menguntungkan satu pihak sedangkan pihak lain tidak diuntungkan (rugi).

Contohnya dari simbiosis parasitisme adalah benalu dengan pohon mangga.

Berbeda dengan simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme ini salah satu pihak dirugikan sebab benalu menyerap makanan atau sari-sari dari pohon yang ditempatinya. Sama halnya seperti kutu yang hidup di binatang atau yang lainnya.

Demikian Pengertian Simbiosis Mutualisme, Komensalisme, Parasitisme dan Contohnya yang dapat kami sampaikan, semoga membantu kalian dalam belajar.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News