Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman IPA Kelas 6 SD Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera

Rangkuman Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas 6 SD Mapel IPA - Halo sobat sekodas.com, pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan rangkuman pada tema 4 yakni menuju masyarakat sejahtera untuk adik-adik kelas 6 SD semester 1 pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

rangkuman ipa kelas 6 tema 6 semester 2

Rangkuman tema 6 kelas 6 mapel IPA ini sudah mencakup mulai dari subtema 1, 2, dan 3 semester 2 (genap). Semoga rangkuman yang kami sajikan ini dapat bermanfaat atau memudahkan adik-adik kelas 6 dalam belajar.

Rangkuman materi pada tema 6 bagi kelas VI SD mata pelajaran IPA ini kami cuplik dari yang penting-penting saja pada materi-materi yang ada pada buku.

Rangkuman IPA Kelas 6 SD Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera

Perputaran bumi pada porosnya disebut rotasi. Akibat dari adanya rotasi, antara lain terjadinya siang dan malam, terjadinya gerakan semu harian, dan terjadinya perbedaan pembagian waktu.

Terdapat 3 zona pembagian waktu di Indonesia, yaitu, Waktu Indonesia Barat (WIB), mencakup pulau Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Waktu Indonesia Tengah (WITA), mencakup Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Waktu Indonesia Timur (WIT), mencakup Papua, Maluku, dan pulau-pulau kecil di sekitamya.

Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Akibat dari revolusi tersebut adalah, adanya perbedaan lama siang dan malam, perubahan rasi bintang, gerak semu tahunan matahari, perubahan musim, dan ditetapkannya kalender Masehi.

Gerhana Bulan adalah masuknya Bulan pada bayangan umbra dan penumbra sehingga mengakibatkan Bulan tidak tampak sama sekali atau terlihat samar-samar dari Bumi pada malam hari.

Gerhana Bulan dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gerhana Bulan penumbra, gerhana Bulan sebagian, dan gerhana Bulan total.

Gerhana Matahari terjadi jika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi dalam satu garis lurus.

Ada 3 jenis gerhana Matahari, yaitu gerhana Matahari total, sebagian, dan cincin.

Demikian postingan dari sekodas.com yang menyajikan Rangkuman Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Kelas 6 SD Mapel IPA. Rangkuman sekodas ini rujukan dari Modul Tema 6 Kelas 6 SD yang dikemas sedemikian lagi agar mudah dipelajari buat adik-adik. Semoga bermanfaat. Silahkan baca-baca postingan sekodas yang lainnya.

Lengkap Rangkuman Tema 6 Kelas 6 SD Semester 2 semua Mapel

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News