Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menemukan Informasi dalam Teks Eksplanasi

Berikut kami sampaikan bahan ajar atau materi tema 4 subtema 1 Globalisasi di sekitar kelas 6 sd semester 1 yakni Menemukan Informasi dalam Teks Eksplanasi. Materi ini juga sudah ada di buku paket pada kelas 6 SD.

Menemukan Informasi dalam Teks Eksplanasi

Materi Menemukan Informasi dalam Teks Eksplanasi ini kami rangkum dari berbagai sumber buku yang kami tulis kembali agar mudah untuk dipahami oleh adik-adik kelas 6 SD.

Untuk lebih lengkap materi tentang teks eksplanasi, berikut di bawah kami sampaikan dengan detail dengan bahasa yang mudah untuk dipahami.

Menemukan Informasi dalam Teks Eksplanasi

Melalui televisi kita akan mendapatkan beberapa informasi penting dari negara-negara lain di seluruh penjuru dunia. Kita juga dapat mengetahui kebudayaan atau ciri khas yang ada di negara lain dengan menonton informasi di TV.

Bukan cuma televisi saja kita dapatkan sebuah informasi, akan tetapi saat ini sudah banyak sosial media yang beritanya lebih cepat dibandingkan televisi yaitu gawai / HP. Banyak fitur aplikasi sosmed yang banyak menghasilkan informasi seperti WA, Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok dan masih banyak lagi.

Walaupun itu semua memiliki pengaruh yang besar pada era globalisasi ini, semuanya itu tidak akan berfungsi tanpa adanya listrik. Penemuan listrik oleh Nikola Tesla inilah yang diyakini sebagai titik awal kehidupan global. Terjadinya penemuan listrik masa lampau yang pada akhirnya bisa kita nikmati sampai saat ini yang dapat dijelaskan dengan teks eksplanasi.

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa itu terjadi. Suatu peristiwa yang terjadi baik itu peristiwa sosial atau peristiwa hubungan sebab akibat dan proses.

Bagaimana dan mengapa peristiwa itu dapat terjadi? Hal tersebut dapat dijelaskan dengan teks eksplanasi. Penulisan teks eksplanasi memiliki tujuan yaitu sebagai berikut:

1. Menjelaskan fenomena yang terjadi
2. Menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa

Tujuan teks eksplanasi dapat menjelaskan suatu informasi itu terjadi dan sebab akibat kejadian suatu peristiwa. Selain tujuan teks eksplanasi juga memiliki struktur yang merupakan hal-hal untuk membangun teks agar menjadi satu kesatuan teks eksplanasi.

Apa saja struktur yang ada pada teks eksplanasi? Struktur pada teks eksplanasi ada tiga bagian, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pernyataan umum / pembukaan

Pernyataan umum, berisi mengenai topik yang akan dijelaskan dari proses terjadinya / proses keberadaan.

2. Urutan sebab akibat / Isi

yaitu berisi mengenai detail penjelasan proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.

3. Interpretasi / penutup

yaitu berisi tentang kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan.

Demikian bahan ajar atau materi tentang Menemukan Informasi dalam Teks Eksplanasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat buat belajar adik-adik kelas 6 SD pada tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 semester 1.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News