Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Titik Dua Otomatis di Excel agar Sejajar Rapi dan Lurus



Berikut kami bagikan 2 cara mudah dalam membuat titik dua secara otomatis, sejajar, rapi, dan lurus di Microsoft Excel secara mudah. Apalagi buat kalian yang baru mengenal Ms Excel, cara ini sangat-sangatlah mudah sekali untuk dipahami dan dilakukan.

cara buat titik dua di excel

Dalam membuat dokumen menggunakan Microsoft Excel, sering kali kita menemui titik 2 dalam penulisan. Jika membuat di Microsoft Word kita dapat melakukannya dengan mudah sehingga rapi sejajar dan lurus.

Penulisan di Ms. Excel dan Ms. Word berbeda, di Excel kita dihadapkan dengan rumus-rumus dalam membuat dokumen tertentu namun hasilnya dapat secara otomatis langsung jadi. Akan tetapi jika menulis di Word kita mengetik secara manual.

Dalam membuat titik dua pada Microsoft Excel bisa saja langsung diketik dibelakang kata yang menggunakan titik 2 tersebut. Namun, hasilnya tidak akan sejajar rapi dan lurus sesuai dengan harapan kita atau sesuai dokumen yang kita ketik.

Cara Membuat Titik Dua Sejajar di Dalam Tabel Excel 2010

Agar dalam membuat titik dua di Excel dapat sejajar, rapi dan lurus secara otomatis pada kesempatan kali ini kami bagikan 2 cara. Untuk mengetahui cara-caranya satu persatu dapat ikuti panduan berikut ini:

Cara Pertama : Pakai Cell Berbeda

Cara ini kita dapat memakai cell atau kolom disamping dalam membuat titik dua agar rapi, sejajar dan lurus dengan kolom-kolom di bawahnya. Berikut langkah-langkahnya dalam membuat titik dua memakai cell/kolom berbeda:

  1. Buat kolom berbeda di sebelah kanan sesuai dengan yang kita isikan;
  2. Isi kolom tersebut dengan titik dua semua (:);
  3. Kecilkan kolom tersebut agar terlihat rapi.

Untuk hasil yang didapat kurang lebihnya seperti gambar di bawah ini:

Cara Kedua : Ubah Format Cell

Cara ini sangat kami rekomendasikan, sebab cara membuat titik dua pada Excel yang kedua ini dapat dilakukan secara otomatis. Berikut langkah-langkah dalam membuat cell/kolom dengan cara mengubah format cellnya:

1. Blok semua kolom yang akan kita beri titik dua tersebut, Caranya klik kiri mouse kemudian geser sampai kolom yang kita inginkan atau sesuai kolom mana yang akan kita buat titik dua;

2. Arahkan kursor ke bagian yang sudah diblock tadi, lalu klik kanan pada mouse, pilih Format Cells;

3. Setelah itu akan muncul Perintah Format Cells, untuk default pilihan General kita pilih Custom, lalu ganti Type dengan @ (spasi) * (spasi) ":" jika ditulis seperti ini @ * ":"

4. Klik OK, Selesai.

Hasil dari cara kedua di atas seperti gambar berikut ini :

Nah, terlihat rapi, sejajar, dan lurus dalam satu kolom/cells kan. Tinggal pilih mana dari kedua cara yang kami berikan di atas yang mudah buat kalian. Kalau kami merekomendasikan cara yang kedua lebih praktis dan efisien.


Tonton video tutorialnya:

Demikian Cara Membuat Titik Dua Otomatis di Excel agar Sejajar Rapi dan Lurus yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News