Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Patch Dapodik Versi 2022a Terbaru

Pada postingan kali ini kami ingin bagikan cara Instal Patch Dapodik Versi Terbaru 2022a secara gratis. Patch dapodik terbaru ini sudah dirilis pada tanggal 10 Agustus 2021 kemarin pada laman resmi Dapodikdasmen.

patch dapodik versi 2022a

File patch dapodik terbaru 2022.a ini dikeluarkan karena banyaknya bugs pada dapodik terbaru 2022 yang keluar sebelumnya. Sebab jika bugs-bugs tersebut tidak segera diperbaiki akan mengganggu kinerja OPS dalam pemutakhiran data nantinya.

Anda dapat download / unduh file Patch Dapodik 2022 a pada laman resmi dapodikdasmen atau bisa juga pada link yang kami bagikan di akhir postingan ini. Untuk cara instalnya bisa mengikuti cara yang kami uraikan di bawah.

Cara Instal Patch Dapodik Versi 2022a Terbaru

Sebelum melakukan instal patch dapodik 2022a ini alangkah baiknya anda mengetahui perbaikan dan pembaharuan apa saja pada dapodik terbaru ini. Berikut perbaikan dan pembaruan tersebut:

  • [Pembaruan] Terakomodirnya kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka bagi sekolah penggerak untuk jenjang SD, SMP, dan SMA
  • [Perbaikan] Dibukanya inputan untuk nilai UPK bagi jenjang PKBM/SKB (Diperuntukan bagi satuan pendidikan yang belum mengisi nilai UPK peserta didik.
  • [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat meluluskan bagi jenjang KB, TPA, dan SPS.
  • [Perbaikan] Perbaikan validasi untuk pengecekan nama peserta didik dan nama ibu kandung yang mengandung char “tab dan enter” (dibuka hanya semester ganjil TA 2021/2022)
  • [Perbaikan] Penyesuaian validasi pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka

Bagi sekolah yang sudah instal dapodik terbaru 2022 tidak perlu uninstal aplikasi dapodiknya. Agar dapat melakukan pembaharuan dapodik ke versi 2022a dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh file patch dapodik 2022.a pada laman https://dapo.kemdikbud.go.id/;
  2. Install patch dapodik 2022.a;
  3. Refresh browser (ctrl+F5);
  4. Login Aplikasi Dapodik. Pastikan tampilan aplikasi sudah versi 2022.a;

Bagi sekolah atau OPS yang belum instal aplikasi dapodik 2022 dapat mengikuti langkah-langkah penginstalan sebagai berikut:

  1. Unduh Installer Aplikasi Dapodik 2022 pada menu unduhan di laman https://dapo.kemdikbud.go.id/;
  2. Unduh file patch Aplikasi Dapodik 2022.a
  3. Instal installer Aplikasi Dapodik versi 2022;
  4. Lalu install patch Dapodik 2022.a;
  5. Registrasi Online / Offline
  6. Lakukan refresh (Ctrl + F5)
  7. Login Aplikasi Dapodik

Demikian Cara Instal Patch Dapodik Versi 2022a Terbaru yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat. Bagi yang membutuhkan file Patch dapodik 2022 a berikut linknya:

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News