Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Laporan Hasil Pengamatan Kelas 6 SD

Berikut kami jelaskan tentang Teks Laporan Hasil Pengamatan yang diperuntukkan untuk kelas 6 SD yang diambil dari berbagai sumber buku yang ada. Bagi bapak atau ibu guru wali kelas 6 materi ini sering kali disampaikan pada semester 1 atau semester ganjil. Akan tetapi bagi siswa-siswi materi ini mungkin akan terasa awam karena baru mendengar saat berada di kelas 6 setelah baru naik dari kelas 5.

Silahkan perhatikan penjelasan dari kami dalam bentuk tulisan berikut ini.

Teks laporan hasil pengamatan adalah sebuah teks yang berfungsi untuk menjelaskan informasi tentang suatu objek yang telah diamati. Teks laporan hasil pengamatan itu dibuat berdasarkan fakta-fakta yang didapatkan dari hasil pengamatan.

Adapun teks laporan hasil pengamatan itu bersifat informatif, komunikatif, dan objektif. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat sebagai berikut:

a. Bersifat Informatif

Bersifat informatif artinya memberikan informasi yang berguna mengenai objek yang diamati kepada pembaca.

b. Bersifat Komunikatif

Bersifat komunikatif artinya teks tersebut menggunakan bahasa yang seolah-olah membuat kita sedang berkomunikasi dengan teks tersebut, tujuannya agar isi laporan dalam teks lebih mudah dimengerti.

c. Bersifat Objektif

Bersifat objektif berarti teks laporan tersebut harus faktual dan berpatokan pada informasi yang sah tentang apa yang benar-benar terjadi.


Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News