Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kompres Ukuran File PDF dengan Mudah dan Gratis

Sekodas.com - Pada saat kita menyimpan file yang kita buat PDF terlalu besar ukurannya dan ternyata sewaktu diupload ada warning file terlalu besar. Agar memudahkan untuk upload maka kami bagikan cara kompres atau memperkecil ukuran file PDF secara gratis.

cara mengecilkan ukuran file pdf

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengecilkan ukuran file PDF baik secara online maupun secara offline. Untuk online sendiri banyak web-web yang menyediakan kompres file PDF dengan mudah dan gratis.

Kalau secara offline dalam kompres atau mengecilkan dile PDF kita dapat menggunakan komputer / laptop dengan software yang sudah ada. Silahkan simak apa yang kami tulis di bawah ini.

Cara Kompres Ukuran File PDF

1. Small PDF

Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan web small pdf secara gratis untuk mengecilkan ukuran file PDF. Silahkan kunjungi website small pdf kemudian klik ‘choose file’ untuk upload file PDF yang mau diproses. Kamu juga bisa langsung drop file PDF tersebut ke kotak merah yang tersedia pada laman. Tunggu beberapa saat, file PDF kamu akan segera di-upload ke situs tersebut.

2. iLovePDF

Cara yang kedua masih secara online yaitu dengan menggunakan website iLovePDF untuk mengecilkan ukuran file PDF.

Untuk kompres file PDF, upload file terlebih dahulu dengan klik ‘Select PDF Files’ atau drop file langsung ke arah kotak merah. Setelah memilih file PDF dari Google Drive atau Dropbox atau dari File yang kita simpan di komputer dengan mengklik logo di samping tombol tersebut.

Setelah file selesai diunggah, pilih opsi compression level-nya. Pilihannya ada extreme, recommended, dan less compression.

Pilih di antara ketiganya sesuai dengan kebutuhan, lalu tekan ‘Compress PDF’ di bagian bawah menu. Hanya butuh beberapa saat dan ukuran file PDF-mu sudah berhasil dikecilkan.

3. Microsoft Word

Langkah yang ketiga cara mengecilkan ukuran PDF yakni secara offline artinya kita tidak memerlukan koneksi internet dalam mengompres file-file PDF tersebut.

Caranya, buka file PDF di Word dengan klik menu ‘Open’ dan pilih file PDF yang kamu inginkan. Langkah selanjutnya, klik ‘File’ lalu ‘Save As’ dan pilih jenis file PDF. Pilih opsi ‘Minimum Size’ dan klik ‘Save’. File PDF kamu sudah berhasil dikompres.

Nah, mungkin hanya tiga cara tersebut yang dapat kami bagikan. Sebenarnya ada banyak cara dalam mengecilkan file PDF akan tetapi yang mudah dan gratis hanya tiga yang kami tulis di atas.

Semoga dengan adanya tulisan ini dapat membantu teman-teman dalam mengecilkan ukuran PDF saat nanti dibutuhkan. Sekian dan terima kasih.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News