Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Khusus pada Hewan

Berikut kami sampaikan ciri khusus yang dimiliki oleh hewan. Ciri khusus yang dimiliki hewan digunakan sebagai untuk mempertahankan hidup, mencari makan, atau melindungi diri dari serangan musuh (pemangsa lainnya).

ciri khusus hewan

Pada postingan di bawah kami akan berikan ciri khusus hewan beserta contoh hewan yang memilikinya serta kegunaannya. Ciri-ciri khusus pada hewan sebagai berikut:

a. Mempunyai lidah panjang dan lengket

Contoh hewan yang memiliki lidah panjang dan lengket yaitu bunglon, dan landak semut (trenggiling). Lidah panjang dan lengket berguna untuk menangkap mangsa.

b. Mempunyai kemampuan ekolokasi

Contoh hewan yang mempunyai kemampuan ekolokasi adalah kelelawar. Kemampuan ekolokasi berguna untuk mendeteksi benda di tempat gelap.

c. Mempunyai kulit berduri

Contoh hewan yang mempunyai kulit berduri adalah landak. Kulit berduri berguna untuk alat pertahanan diri.

d. Mempunyai jari kaki berselaput

Contoh hewan yang mempunyai jari kaki berselaput adalah itik, katak, dan angsa. Jari kaki berselaput berguna untuk berenang.

e. Menyemprotkan cairan hitam seperti tinta

Contoh hewan yang menyemprotkan cairan hitam adalah cumi-cumi dan gurita. Hewan-hewan yang memiliki tinta hitam dan saat terganggu sehingga menyemprotkan tintanya ke sekitar tubuhnya. Hal tersebut berguna untuk menyelamatkan diri dari serangan musuh.

f. Mempunyai rangka luar

Contoh hewan yang mempunyai rangka luar yaitu kepiting dan udang.  Rangka luar berguna untuk melindungi tubuh.

g. Mempunyai bantalan perekat pada telapak kakinya

Contoh hewan yang mempunyai bantalan perekat pada telapak kakinya adalah cecak dan tokek. Bantalan perekat pada telapak kaki berguna untuk merayap di dinding.

h. Mempunyai mata dan pendengaran yang tajam

Contoh hewan yang mempunyai mata dan pendengaran yang tajam adalah burung hantu. Mata dan pendengaran yang tajam berguna untuk mencari makan pada malam hari.

i. Mempunyai punuk

Contoh hewan yang mempunyai punuk adalah unta. Punuk pada hewan unta berguna untuk menyimpan makanan cadangan yang berupa lemak

j. Mengeluarkan bau menyengat

Contoh hewan yang mengeluarkan bau menyengat adalah walang sangit dan sigung. Bau menyengat berguna untuk mengusir musuhnya

k. Mempunyai sengat beracun

Contoh hewan yang mempunyai sengat beracun adalah lebah dan kalajengking. Sengat beracun berguna untuk melindungi diri dari serangan musuhnya.

Demikian ciri khusus pada hewan yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat buat belajar adik-adik persiapan ulangan.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News