Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Menghadapi Ujian / Tes PPPK Guru 2022 agar Lulus dengan Mudah

Assalamu'alaikum, salam sejahtera sobat sekodas.com semua. Alhamdulillah kita dapat berjumpa kembali disini. Dalam kesempatan kali ini admin ingin berbagi cara atau tips trik dalam menghadapi ujian/tes PPPK Guru 2022 agar lulus dengan mudah.

tips menghadapi ujian pppk

Ujian PPPK tahap 3 menurut informasi yang beredar akan segera dilaksanakan kembali pada tahun 2022. Untuk tips dan trik menghadapi ujian PPPK agar lulus dan dapat melampaui passing grade ini berasal dari pengalaman langsung dari salah satu peserta ujian pada tahap 2 kemarin 2021.

Untuk Tips dan Trik Menghadapi Ujian / Tes PPPK Guru 2022 agar Lulus dengan Mudah dapat disimak dalam ulasan berikut ini:

Tips Menghadapi Ujian PPPK Guru 2022

Perhatikan tips-tips dalam menghadapi ujian PPPk guru 2022 yang kami bagikan di bawah dengan seksama agar anda saat menghadapi soal-soal yang sesungguhnya dapat menjawab dengan mudah sehingga lulus sesuai harapan.

1. Perdalam Materi yang Belum Anda Kuasai

Tak dapat dipungkiri lagi untuk tes / ujian PPPK ini tak hanya satu atau dua materi yang harus dikuasai. Apalagi masih banyak jenis kompetensi-kompetensi yang harus dikuasai juga. Jadi kita perlu membuat catatan-catatan materi apa saja yang belum dikuasai.

Selanjutnya sebisa mungkin kita buat ringkasa-ringkasan dari garis besar materi tersebut, karena dengan mencatat kita akan lebih mudah ingat dan faham. Dan akan lebih mudah jika catatan tersebut bisa dibuat dalam bentuk bagan ataupun singkatan-singkatan yang kita buat sendiri untuk memudahkan dalam mengingat.

2. Perbanyak Latihan Soal-Soal

Hal ini akan lebih efektif ketika kita bisa bergabung dengan group-group telegram yang aktif dalam mengeshare soal-soal. Yang mana dalam aplikasi tersebut memfasilitasi beberapa variasi soal, bisa dalam bentuk polling maupun kuis, yang di dalamnya ada timernya.

Dengan kita terbiasa mengerjakan soal otomatis kita akan terbiasa mengasah otak kita untuk berfikir, sekaligus dengan adanya fasilitas timer, hal itu akan sangat membantu dalam mengatur waktu ketika menghadapi tes PPPK nanti.

3. Luangkan Waktu Khusus untuk Belajar

Mungkin tak sedikit yang menjadi peserta tes PPPK adalah ibu-ibu yang sudah berkeluarga, tak jarang dari mereka masih mempunyai anak-anak kecil, sehingga mereka harus ekstra membagi waktunya. Hal ini dapat disiasati dengan belajar di tengah malam ketika semua anggota keluarga sudah istirahat.

Namun, tak hanya itu saja, bagi kita yang berstatus honorer harus menjalankan tugas mengajar di sekolah. Nah, disaat luang dapat kita manfaatkan untuk belajar. Walau belajar sedikit tapi intens itu akan lebih mengena atau mengingatnya.

4. Rilekskan Hati dan Fikiran Ketika Tes akan Dimulai

Hal ini mungkin sepele namun akan berdampak cukup besar selama berlangsungnya tes di dalam ruangan. Ketika hati atau perasaan kita santai, maka kita tidak akan was-was, bahasa jawanya kemrungsung (tergesa-gesa). Bisa dikatakan SERSAN (Serius tapi santai). Eits .... tapi bukan santau yang mengesampingkan waktu lho ya? santai disini tetap harus memperhatikan waktu yang terus berjalan, kita tidak boleh lalai dengan yang namanya durasi waktu ujian yang terus berjalan.

5. Waktumu adalah Milikmu

Setiap peserta akan menghadapi soal dan batas waktu masing-masing. Maka dari itu, ketika anda hendak mengerjakan soal jangan klik "Mulai" sebelum kalian benar-benar siap untuk mengerjakannya. Alangkah baiknya ambil napas dalam-dalam, rilekskan hati jangan panik ketika kalian benar-benar siap dalam mengerjakan soal baru klik tombol "Mulai".

Kenapa demikian? karena berdasarkan pengalaman peserta hal-hal tersebut sangat berpengaruh selama proses menjawab soal. Hal tersebut berlaku ketika dalam proses pergantian soal yang berbeda kategori.

Kita ambil nafas dalam-dalam dan rilekskan hati kembali. Ketika sudah benar-benar siap baru klik "Mulai". Jangan risaukan peserta yang lain yang mungkin sudah mulai mengerjakan atau sudah selesai. Karena tiap-tiap peserta memiliki waktu masing-masing dan berjalan setelah tombol mulai di klik.

6. Fokuskan Pada Pertanyaan

Trik ini kita lakukan ketika kita dihadapkan pada soal-soal yang panjang-panjang, yang kata orang seperti koran. Ketika kita membaca soal yang panjang dan kita belum mengetahui inti bacaan tersebut, langkah jitu adalah kita langsung baca pertanyaan dari bacaan tersebut. Kemudian baru kita fokuskan ke bacaan, kita pahami apa yang diminta dari soal tersebut.

7. Jangan Membaca Lebih dari 1 Kali

Jika kita belum paham dari soal yang diinginkan lebih baik kita skip saja soal tersebut. Kita lanjut ke soal berikutnya, karena kita tidak tah mungkin soal berikutnya akan lebih mudah. Karena hal itu, sangat berpengaruh dengan durasi waktu yang kita miliki. Semakin kita terfokus sama satu soal yang sulit kita pahami maka akan menghabiskan waktu kita.

8. Ketuk Pintu Langit dan Pasrahkan Hasilnya

Trik terakhir adalah perbanyak do'a, sodaqoh, dan amalan-amalan ibadah lainnya yang mendekatkan diri pada sang kholiq. Agar Allah mudahkan kita dalam mengerjakan soal-soal selama ujian berlangsung. Karena sehebat apapun usaha kita, kesiapan kita, namun ketika Allah belum berkehendak menjadi rejeki kita bisa lulus, maka semua itu tidak akan terjadi.

Langkah selanjutnya adalah pasrahkan apapun hasilnya nanti kepada Allah, mungkin itu yang terbaik menurut Allah bagi kita. Karena Allah punya rencana terbaik untuk kita. Namun, dengan seringnya kita mengetuk pintu langit niscaya pintu tersebut akan terbuka. Karena do'a akan bisa merubah takdir.

Oke, sobat sekodas.com semua, demikian beberapa Tips dan Trik Menghadapi Ujian / Tes PPPK Guru 2022 agar Lulus dengan Mudah yang dapat kami bagikan. Semoga bisa bermanfaat untuk semua yang akan menghadapi ujian PPPK tahun 2022 ini. Admin hanya bisa mendoakan semoga dalam tes nanti diberi kemudahan, kelancaran dan lolos menempati formasi. Aamiin.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News