Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keinginan Orang Yang Sudah Meninggal Dunia (Mati)

Halo sobat sekodas.com yang kami hormati dan sayangi pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan cahaya qolbu tentang keinginan orang yang sudah mati (meninggal) seandainya dihidupkan lagi oleh Allah SWT.

penyesalan orang yang sudah mati

Sebagai manusia biasanya kita memiliki keinginan dan harapan. Keinginan dan harapan tersebut pasti tidak cukup hanya satu seperti apakah keinginan-keinginan tersebut?

Sebagaimana kita melihat kenyataan yang ada kebanyakan orang yang miskin memiliki keinginan untuk menjadi orang kaya, memiliki banyak harta, entah itu berupa uang, emas maupun tanah yang luas. Serta fasilitas-fasilitas yang membuat dia ingin merasakan kenikmatan dunia sebagaimana yang dilihat dari kebanyakan orang kaya.

Bahkan tidak hanya orang miskin saja yang memiliki keinginan atau angan-angan, namun orang kaya juga memiliki keinginan bagaimana caranya agar kekayaannya semakin bertambah.

Lain halnya ketika kita dapati orang yang sedang terbaring sakit, maka akan kita lihat angan-angan atau keinginannya hanya satu yaitu bisa sembuh dari penyakit yang ia derita meskipun harus ditebus dengan seluruh harta kekayaan yang ia miliki. Itulah beberapa contoh keinginan dan harapan manusia.

Namun, jika sejenak kita mau menengok di belahan alam lain ada sekelompok manusia yang mempunyai keinginan ataupun harapan-harapan, hanya saja keinginan ataupun harapan tersebut mustahil dapat tercapai atau terwujud. Maukah kalian tahu siapa mereka? Mereka adalah sang mayit. Lalu apakah angan-angan ataupun keinginan mereka?

Dalam kesempatan ini yang akan kita bahas adalah kelompok mayat orang yang tidak shalih. Mereka adalah orang-orang yang lalai dari mengingat Allah SWT, yang lengah dan lalai dalam melewati hari-harinya, mereka menunda-nunda taubat serta berharap umurnya selalu panjang.

Mereka sering lupa bahwa kematian akan datang tiba-tiba. Ketika ajal sudah datang maka tidak dapat diundur ataupun dimajukan. Disaat itulah mereka tidak akan bisa mengejar pada sesuatu yang sudah terlewat. Tinggalah penyesalan dan angan-angan yang tidak mungkin terwujudkan. Jika demikian lalu apakah angan-angan mereka? Diantara sekian angan-angan mereka adalah yaitu:

Keinginan Orang yang Sudah Mati Seandainya Dihidupkan Lagi oleh Allah dia akan

Penyesalan ahli kubur yang ingin kembali kedunia adalah sebagai berikut ingin melakukan untuk bersedekah atau bershodaqoh, untuk shalat, dan beramal shalih. Penjabaran keinginan-keingan tersebut seperti di bawah ini

1. Bisa kembali kedunia untuk sedekah

Keinginan mereka yang pertama adalah bisa kembali ke dunia meskipun hanya satu detik saja, agar mereka bisa bersedekah/shodaqoh. Hal tersebut sesuai dengan apa yang Allah firmankan dalam Al.Qur'an:

"Dan belajakanlah sebagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang diantara kamu; lalu ia berkata "Ya Rabb-ku mengapa engkau tidak menanggguhkan (kematianku) sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shalih?"Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan". (Q.S Al Munafiqun : 10-11)

Mereka telah menyadari bahwa amalan yang paling Allah cintai dan dapat memadamkan amarah Allah adalah sedekah. Selain hal tersebut kelak Allah akan tanya setiap hambanya tentang hartanya dari mana ia peroleh dan untuk apa ia gunakan.

Namun, sayang mereka lalai dalam menggunakan harta yang Allah titipkan, kesadaran mereka datang terlambat, mereka berangan-angan agar bisa dikembalikan ke dunia agar bisa berinfak, agar bisa bersedekah di jalan Allah dengan hartanya, setelah selama hidupnya tidak ia infaqkan untuk orang-orang fakir.

2. Mengerjakan Shalat meski hanya dua rakaat saja

Angan-angan berikutnya bagi mayit yang fasiq adalah keinginan untuk kembali ke dunia agar bisa melakukan shalat. Hal ini sebagaimana dalam sebuah riwayat bahwa Rasulullah SAW melewati kuburan kemudian bertanya, " Siapa penghuni kuburan ini? Mereka menjawab ini kuburan si Fullan." Lantas Rasulullah Salallahu 'alaihi wassalam bersabda " Dua rakaat lebih ia cintai dari dunia kalian (Riwayat Al-Hakim dalam Al-Mustadrak, No. 7933).

3. Dapat beramal shalih

Angan-angan yang terakhir adalah agar bisa melakukan segala amal shalih, bisa mentaati Allah setelah mereka bermaksiat. Mereka berharap bisa berdzikir walau satu lai, berharap bisa mengucapkan tasbih atau tahlil walau hanya satu kali saja.

Namun sayang sekali angan-angan mereka tidak akan mungkin terwujudkan. Hal ini dapat kita simak bersama dalam firman Allah Ta'ala:

"(Demikian keadaan orang-orang kafir itu) hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata: "Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia) agar aku berbuat amal yang shalih terhadap yang telah aku tinggalkan, sekali-kali tidak, sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkan saja. Dan dihadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan" (Q.S Al. Mukminun: 99-100).

Itulah serangkaian angan-angan si mayit. Mereka telah meninggal dunia dan telah memasuki alam kubur. Mereka telah menyadari bahwa mereka telah menyia-nyiakan waktu selama du dunia. Tidak mereka gunakan untuk kebaikan di akhirat nanti, dan mereka telah sadar bahwa waktu yang mereka habiskan tidak bisa dinilai dengan uang sedikitpun di akhirat kelak.

Kini mereka tinggal memanen tentang apa yang mereka tanam selama di dunia. Berharap ada amalan yang dapat meringankan siksanya di kubur.

Oleh sebab itu, sobat sekodas.com sekalian, cukuplah ini sebagai peringatan bagi kita yang masih diberi kesempatan hidup di dunia agar bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mencari bekal di akhirat nanti.

Agar tidak ada penyesalan dan angan-angan yang kosong di dalam kubur nanti. Wallahu a'la, bish Shawab. Semoga Allah mudahkan langkah-langkah kita dalam kebaikan. Aamiin.

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News