Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Lingkaran, Rumus Keliling dan Luas Lingkaran

Berjumpa kembali dengan sekodas.com yang pada perjumpaan kali ini kami akan membahas atau memberikan materi tentang Mengenal Lingkaran, Rumus Keliling dan Luas Lingkaran, matematika kelas 6 SD.

Coba kalian lihat atau perhatikan benda-benda di sekitar kalian yang berbentuk lingkaran! sebutkan? yang pasti benda di sekitar yang berbentuk lingkaran adalah jam dinding, kipas angin dan masih banyak lagi.

Lingkaran merupakan sebuah bangun datar yang tidak memiliki titik sudut satupun. Akan tetapi memiliki titik pusat yang berada di tengah-tengah lingkaran, dan beberapa bagian di dalamnya seperti yang akan kami jelaskan berikut ini:

Sebelum membahas bagian-bagian yang ada pada lingkaran perhatikan gambar berikut ini:


Mengenal Lingkaran, Rumus Keliling dan Luas Lingkaran

1. Titik Pusat Lingkaran

Titik pusat lingkaran berada tepat di tengah-tengah lingkaran. Titik yang berada di tengah disebut dengan titik pusat. Titik pusat lingkaran panjangnya sama semua dengan jarak pada tepi lingkaran. Pada gambar di atas yang menunjukkan titik pusat adalah huruf O.

2. Jari-Jari Lingkaran

Jari-jari lingkaran adalah besaran panjang yang dihitung dari titik pusat lingkaran dengan sembarang titik pada tepi lingkaran. Pada gambar di atas ditunjukkan dengan huruf AO, OB, OC dan jari-jari lingkaran dilambangkan dengan huruf (r).

3. Diameter Lingkaran

Diameter adalah garis yang menghubungkan dua titik pada tepi ligkaran dengan melalui titik pusat. Diameter disebut juga garis tengah lingkaran. Pada gambar di atas ditunjukkan pada huruf AB. Panjang diameter adalah dua kali jari-jari lingkaran. Di rumuskan seperti berikut :

D = 2r

4. Busur Lingkaran

Busur lingkaran adalah garis berbentuk lengkung pada tepi lingkaran. Pada gambar di atas yang disebut busur lingkaran ditunjukkan huruf AC dan busur lingkaran dilambangkan ⋂. 

5. Tali Busur Lingkaran

Tali busur lingkaran adalah tali yang menghubungkan dua titik lingkaran tanpa melalui titik pusat. Pada gambar di atas ditunjukkan dengan huruf AC

6. Apotema

Apotema adalah garis tegak lurus pada tali busur yang merupakan jarak terpendek antara tali busur dengan titik pusat. Pada gambar di atas ditunjukkan dengan huruf OD yang disebut Apotema.

7. Juring Lingkaran

Juring lingkaran merupakan luasan yang dibatasi busur dengan dua buah jari-jari. Pada gambar ditunjukkan dengan huruf OBC atau OCB

8. Tembereng

Tembereng adalah luasan pada lingkaran yang dibatasi oleh sebuah busur dan tali busur. Bentuknya seperti lambung kapal. Pada gambar di atas ditunjukkan dengan huruf AC.

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran

1. Keliling lingkaran

Keliling lingkaran merupakan perhitungan panjang garis luar lingkaran. Maka agar dapat menghitung keliling lingkaran kita dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

K = 𝞹.d

Dengan K = keliling Lingkaran

               𝞹 = 22/7 atau 3,14

                d = diameter lingkaran

Atau dapat juga di cari dengan rumus seperti berikut jika yang diketahui adalah jari-jari lingkaran.

K = 2.𝞹.d

Karena Diameter dapat dicari dengan 2r, jadi rumusnya seperti di atas.

2. Luas Lingkaran

Luas lingkaran artinya menghitung luas daerah yang berada di dalam busur lingkaran. Adapun rumusnya sebagi berikut:

L = 𝞹.r²

Di mana :

L = Luas lingkaran

𝞹 = 3,14 atau 22/7

r = jari-jari lingkaran

Atau kalian dapat menggunkan rumus dalam mencari Luas seperti berikut :

L = 1/4.𝞹.d²

Di mana D = Diameter lingkaran

Demikian bahan ajar tentang Mengenal Lingkaran, Rumus Keliling dan Luas Lingkaran yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian dalam belajar matematika.

Posting Komentar untuk "Mengenal Lingkaran, Rumus Keliling dan Luas Lingkaran"