Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bilangan Bulat

 Mengenal Bilangan Bulat - Dari kecil kita sudah diajari oleh orantua kita yang namanya berhitung entah itu mulai dari 1 hingga 10 dan seterusnya. Setelah dewasa atau sudah sekolah kita juga diajari berhitung untuk kelas 1 kita belajar berhitung 1 sampai 100 selanjutnya dikelas 2 berhitung 1 hingga ribuan dan seterusnya. Di kelas 6 pun kita juga belajar berhitung, akan tetapi berhitung disini tidak seperti waktu di kelas rendah.

Di kelas 6 kita akan mengenal bilangan bulat. Apa itu bilangan bulat? Bilangan bulat yaitu bilangan nol, bilangan asli dan lawan bilangan asli. 

Bilangan-bilangan yang dimulai angka 0, misalnya 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, ....dst itu disebut bilangan cacah. Sedangkan bilangan-bilangan 1, 2, 3, 4, 5, 6, ... dst disebut bilangan asli. Maka, bilangan cacah adalah gabungan dari bilangan nol dan bilangan asli.

Perhatikan gambar dibawah ini:





Dari kedua gambar di atas kalian sudah tahu kan perbedaannya? Bilangan asli adalah bilangan yang dimulai dari angka 1, 2, 3, 4, 5, ... dan seterusnya. Sedangkan pada gambar kedua itu disebelah angka nol merupakan bilangan bulat postif sedangkan yang berada di sebelah kiri angka nol adalah bilangan bulat negatif.

Cara bacanya pun berbeda dari kedua jenis bilangan tersebut. Bilangan yang di awal angka tidak ada tanda apa-apa itu artinya angka tersebut positif artinya dalam membaca bilangan itu positifnya jangan disebutin seperti ini positif satu, positif dua dst. Namun langsung saja kita baca satu, dua, tiga dan seterusnya.

Sedangan yang negatif cara bacanya yakni di awali dengan kata negatif. Contoh -1 dibaca negatif satu, -2 dibaca negatif dua dan seterusnya. Nah, sudah tahukan perbedaannya? Jika ada angka di kurang dari nol itu berarti negatif dan lebih dari nol berarti postif.

Demikian yang bisa kami jelaskan pelajaran matematika kelas 6 sd yaitu mengenal bilangan bulat. Semoga postingan ini bermanfaat atau berguna buat kalian adik-adik kelas 6 sekolah dasar.


Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News