Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus SD Kelas 4 Tema 1 Kurikulum 2013 Semester 1

Silabus Kurikulum 2013 -- Halo bapak ibu guru dimanapun berada? Pada artikel sebelumnya kami sudah berikan file RPP kurikulum 2013 SD/MI dan pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan Silabus SD Kelas 4 Tema 1 Kurikulum 2013.


Silabus merupakan penjabaran dari KD (Kompetensi Dasar) dan SK (standart Kompetensi) yang dimasukkan kedalam materi pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi yang dijadikan sebagai bentuk penilaian. Silabus mencakup dari SK (Standart Kompetensi) KD (Kompetensi Dasar), Materi Pokok/Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, serta Sumber, Bahan dan Alat Belajar. Pada penilaian didalam silabus terdiri dari Teknik, Bentuk Instrumen, dan Contoh Instrumen.

Dalam pengembangan silabus sudah diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan. Maka dari itu setiap satuan pendidikan diberikan kebebasan dan keleluasaan dalam pengembangan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di masing-masing satuan pendidikan. Agar dalam pengembangan silabus tetap berada pada bingkai pengembangan kurikulum Nasional, maka perlu perhatikan prinsip-prinsip pengembangan silabus berikut ini :

1. Ilmiah

Ilmiah dapat diartikan dalam keseluruhan materi dan kegiatan didalam silabus harus benar, logis dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan.

2. Relevan

Silabus yang dibuat relevan adalah harus sesuai atau ada keterkaitan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.

3. Sistematis

Komponen yang ada didalam silabus harus saling berhubungan untuk mencapai kompetensi.

4. Konsisten

KD, Indikator, materi pokok, sumber belajar, dan penilaian harus ada hubungan yang konsisten.

5. Memadai

Dalam komponen-komponen silabus harus cukup untuk menunjang pencapaian Kompetensi Dasar.

6. Aktual dan Kontektuar

Dalam pengembangan silabus harus disesuaikan dengan kehidupan nyata atau peristiwa yang terjadi.

7. Fleksibel

Artinya dapat mengakomodasi dari peserta didik, pendidik serta dinamika perubahan yang terjadidisekolah dan tuntutan masyarakat.

8. Menyeluruh

Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi yakni kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Silabus SD Kelas 4 Tema 1 Kurikulum 2013 Semester 1

Kurikulum 2013 SD/MI menggunakan metode tematik integratif yaitu dimana dalam pembelajaran menggunakan tema yang mengaitkan beberapa materi ajar yang di jadikan satu. Dalam satu tema pada kurikulum 2013 untuk SD/MI dibagi ke beberapa subtema yang akan mempermudah kita dalam menyusun kegiatan pembelajaran.

Demikian informasi yang dapat kami berikan tentang Silabus SD Kelas 4 Tema 1 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat dan berguna bagi bapak ibu guru dalam menyusun RPP disekolahnya. Untuk daftar silabus ada pada LINK dibawah ini :

Silabus Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 1 Kurikulum 2013 UNDUH DISINI

Silabus Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 2 Kurikulum 2013 UNDUH DISINI

Silabus Kelas 4 SD Tema 1 Subtema 3 Kurikulum 2013 UNDUH DISINI


Download Juga :

Silabus Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Semester 1 KLIK DISINI

Selalu ikuti kami di Google News pada link berikut ini

Sekodas News